Penyelam Ungkap Kendala Pencarian Harta Karun Sriwijaya di Sungai Musi

Prima Syahbana - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 16:27 WIB
Barang-barang diduga harta karun kerjaan Sriwijaya yang ditemukan di dasar Sungai Musi, Rabu (27/10/2021).
Barang-barang diduga harta karun Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di dasar Sungai Musi. (Prima Syahbana/deikcom)

Yudi mengatakan pihaknya sangat menyayangkan informasi ini malah muncul dari luar negeri. Informasi ini, menurutnya, sudah diketahui para penyelam dan pencinta barang antik di Palembang sudah sejak lama, namun tidak diakui.

"Tapi sayangnya, pemerintah seakan-akan tidak peduli akan temuan dari Sungai Musi tersebut. Mereka para penyelam awalnya hanya mencari barang bekas, seperti besi dan lainnya. Karena penemuan barang antik diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya itu nilainya lebih menjanjikan, mereka pun fokus ke sana," kata Yudi.

Yudi berharap peneliti dari Indonesia seharusnya bergerak lebih cepat sebelum nantinya barang antik yang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ada di Sungai Musi itu dikuasai semua oleh luar negeri. Dia juga meminta para penyelam direkrut atau difasilitasi.

"Ya harus segera dilakukan penelitian. Kami bisa memberi informasi sebatas itu. Selama ini suara kami hanya diabaikan. Memang yang berkompeten memastikannya ya peneliti. Untuk penyelamnya juga harus difasilitasi atau direkrut biar nilai sejarah bisa kita sendiri (Indonesia) yang kembangkan," katanya.


(zak/zak)