Sadar Pentingnya Jaminan Kesehatan, Okta Kini Nikmati Manfaat JKN-KIS

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 14:34 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Jaminan kesehatan memang menjadi hal penting yang perlu dimiliki, terutama di masa pandemi. Mengingat saat ini virus dan penyakit menjadi semakin mudah menyebar.

Kesadaran akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan membuat Oktafiasari (31) mulai mendaftarkan diri dan keluarganya pada Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) setahun lalu. Di tahun yang sama, ia pun langsung menggunakan JKN-KIS untuk pengobatan asam lambung.

Okta mengaku saat itu dirinya harus dirawat di salah satu rumah sakit di Pekanbaru. Namun berkat JKN-KIS, ia merasa terbantu membayar biaya pengobatan. Meski menggunakan layanan JKN-KIS, Oktafiasari mengaku tak merasakan diskriminasi pelayanan di rumah sakit.

"Tak hanya itu mba, pelayanan selama saya dirawat di rumah sakit juga tak ada perbedaan sama sekali. Perawat tetap dengan ramah menyapa dan memberikan layanan meski mereka tahu saya menggunakan BPJS (Kesehatan)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

Selama menjadi JKN-KIS, Okta mengayakan membayar iuran per bulan bukanlah suatu hal yang berat jika melihat manfaat ke depannya. Menurutnya, biaya tersebut lebih murah dibanding harus membayar biaya saat ia harus berobat maupun mendapatkan perawatan.

"Karena menggunakan JKN-KIS per bulannya murah, sementara kalau biaya pengobatan umum satu orang saja sudah cukup mahal, dan ini juga satu keluarga yang ditanggung jadi tidak terlalu sulit bagi saya untuk membayar iuran tersebut," ungkapnya.

Sebagai Peserta JKN-KIS segmentasi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri Kelas III, Okta mengaku tidak pernah mengalami masalah, baik dari segi pembayaran, fasilitas maupun pelayanan. Tak hanya itu, selama menjadi peserta dirinya juga tidak mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Mobile JKN.

"Selama saya berobat, semua sudah ditanggung oleh rumah sakit, pelayanan rumah sakit dan pelayanan dari kantor BPJS Kesehatannya juga baik dan ramah, serta penggunaan aplikasi Mobile JKN juga tidak ribet dan mudah untuk saya pahami. Untuk saat ini saya merasa puas ya dengan adanya program ini," tutupnya.

(akn/ega)