Ingat! Mulai Besok Langgar Ganjil-Genap di Jakbar Bakal Ditilang

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 11:37 WIB
Ganjil genap di Traffic Light Tomang, Jakarta Barat (Karin Nur Secha/detikcom)
Ganjil-genap di Traffic Light Tomang, Jakarta Barat (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Ganjil-genap di kawasan Jakarta Barat mulai besok akan diterapkan sanksi penilangan bagi pelanggar. Denda maksimal Rp 500 ribu.

"Besok kita akan lakukan penilangan, bagi yang melanggar kena Pasal 287 ayat 1 denda maksimal Rp 500 ribu," ujar Kasatlantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Argadija Putra saat dihubungi, Rabu (27/10/2021).

Argadija mengatakan sosialisasi ganjil-genap sudah dilakukan selama tiga hari belakangan. Dia menyebut selama tiga hari terakhir terdapat penurunan angka pelanggaran.

"Ada penurunan, ada penurunan. Perbandingan hari pertama itu masih dalam tahap pengaturan dan sosialisasi. Hari ketiga ini sudah mulai banyak menurun (pelanggaran) datanya juga menurun," kata Argadija.

Dari data yang diterima, untuk Senin (25/10) lalu tercatat ada sekitar 120 pelanggar aturan ganjil-genap di wilayah Jakarta Barat. Baik di titik TL Tomang maupun titik Jalan S Parman.

Sementara itu, Selasa (26/10) kemarin, terdapat 64 pelanggar ganjil-genap di wilayah Jakarta Barat. Sedangkan untuk data pelanggar hari ini per pukul 10.00 WIB terdapat 40 pelanggar ganjil-genap.

"Imbauan untuk masyarakat agar lebih patuh kepada ketentuan ganjil-genap dan peraturan rambu rambu juga diperhatikan. Imbauan agar masyarakat yang melintas wilayah gage agar mematuhi aturan yang sudah ada ditentukan," jelasnya.

Perlu diketahui, penerapan ganjil-genap di TL Tomang dimulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB pada Senin-Jumat. Sejumlah jalan yang termasuk TL Tomang di antaranya Jalan S Parman menuju Jalan Tomang Raya dari arah Slipi serta dari Jalan S Parman menuju Jalan Tomang Raya dari arah Grogol.

(ain/idn)