Hadiri KTT ASEAN-AS, Jokowi Bicara Stabilitas Kawasan-Pemulihan Usai Pandemi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 23:27 WIB
Presiden Joko Widodo hadiri KTT ASEAN-AS secara virtual
Presiden Joko Widodo hadiri KTT ASEAN-AS secara virtual (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi juga memaparkan penguatan kerja sama kesehatan. Menurut Jokowi, pandemi Corona telah menyadarkan pentingnya investasi di bidang kesehatan. Oleh karena itu, Jokowi menyebut pembangunan ketahanan kesehatan nasional akan menjadi modal dasar ketahanan kesehatan global.

"Rantai pasok produksi obat-obatan, vaksin, alat-alat kesehatan harus didiversifikasi, termasuk ke kawasan Asia Tenggara," ucap Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan bahwa ASEAN saat ini tengah membangun sebuah arsitektur kesehatan baru. Jokowi juga mengharapkan AS akan menjadi salah satu mitra utama pembangunan ketahanan kesehatan ASEAN.

"Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin AS kepada negara-negara ASEAN yang jumlahnya lebih dari 30 juta. Upaya mencapai kesetaraan akses vaksin bagi semua negara akan menjadi kunci kecepatan dunia keluar dari pandemi," tandasnya.

Untuk diketahui, Indonesia saat ini adalah koordinator dari kerja sama ASEAN-AS. Presiden Jokowi diberi kesempatan bicara pertama untuk menyampaikan ringkasan dari Pernyataan Bersama ASEAN.


(lir/jbr)