Vaksinasi di Sumut Masih 46%, Gubsu Target Akhir Tahun Capai 70%

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 19:32 WIB
Alumni Akabri 90 menggencarkan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat di Sumut. Akhir tahun ditargetkan sudah 70% orang divaksin. (Datuk Haris/detikcom)
Alumni Akabri '90 menggencarkan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat di Sumut. Akhir tahun ditargetkan sudah 70% orang divaksinasi. (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Alumni Akabri '90 menggencarkan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat di Sumatera Utara (Sumut). Upaya ini dilakukan untuk membantu pencapaian target vaksinasi oleh pemerintah.

Vaksinasi massal itu digelar di Kampus USU, Medan. Turut hadir dalam pelaksanaan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, serta Kabinda Sumut Brigjen Asep Jauhari. Vaksinasi itu digelar secara serentak dan dihadiri oleh Panglima TNI serta Kapolri.

Sementara peserta vaksin terlihat ramai melakukan vaksinasi di tempat tersebut.

"Untuk bakti 31 tahun Akabri '90 kita mendapat bantuan vaksin 126 ribu dosis. Dan ini sudah kita laksanakan penyuntikannya terhitung mulai hari Minggu lalu sampai lusa selesai," kata Kapolda Sumut Irjen Panca Putra kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Panca mengatakan, dari 126 ribu dosis itu, pihaknya telah menyuntikkan sebanyak 81 ribu dosis untuk masyarakat. Panca yakin, dalam dua hari ini, 126 ribu dosis itu akan habis disebar ke seluruh kabupaten/kota yang tingkat vaksinasinya masih rendah.

"Target yang sudah kita capai sampai dengan saat ini dari 126 ribu itu sudah kita suntikkan 81 ribu. Dalam dua hari ini, akan tercapai. Kenapa? Karena kita laksanakan secara masif, serentak di semua kabupaten. Khususnya kabupaten-kabupaten yang tadi Bapak Gubernur sampaikan itu masih rendah. Dan sasarannya adalah kita maksimalkan remaja dan lansia," ujar Panca.

Panca mengatakan dia juga telah menyampaikan kepada Panglima TNI strategi yang diterapkan. Sesuai dengan arahan Gubsu, lanjutnya, petugas melakukan jemput bola dalam vaksinasi ini.

"Saya sampaikan ke Bapak Panglima strategi kita seperti arahan Bapak Gubernur adalah mendatangi, jemput bola ke lokasi-lokasi di mana lansia itu," ujar Panca.

Panca meminta dukungan dari semua pihak. Dia pun berharap dukungan vaksin terus ada. Hal itu, agar target 70 persen vaksinasi dari pemerintah segara tercapai.

"Dukungan vaksin sangat kita butuhkan. Kalau itu ada terus kita berjuang sama-sama untuk bisa mencapai target 70 persen," sebut Panca.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Vaksinasi di Sumut Masih 46%

Sementara Gubsu Edy mengatakan sejauh ini vaksinasi di Sumut baru mencapai 46 persen. Edy menyebut ada 10 kabupaten-kota yang masih di bawah target.

"Kita baru 46 persen, itu ada 10 kabupaten dan kota yang masih di bawah target saat ini masih di 25-30 persen. Kami sudah koordinasi dengan Forkopimda, Kabinda akan sama-sama mengejar kekurangan ini," sebut Edy.

Edy menargetkan, di akhir bulan ini, daerah tersebut harus mencapai 50 persen, serta di akhir Desember harus mencapai 70 persen.

"Karena di akhir bulan ini dia harus sudah mencapai 50 persen. Di akhir bulan Desember dia harus 70 persen," sebut Edy.

"Tolong memvaksinasi rakyat kita yang ada di jauh-jauh itu tidak segampang apa yang kita ucapkan. Kitanya mau memvaksin, kadang vaksinnya tak ada, vaksinnya ada vaksinatornya ada rakyatnya tak mau divaksin. Untuk itu, tolong men-support gunanya vaksin adalah mencegah COVID, imun semakin meningkat hingga COVID tak masuk di kita semua," ucap Edy.

(jbr/jbr)