Ngeri, Warga di Sulbar Asyik Berenang di Pantai Digegerkan Kemunculan Buaya

Abdy Febriady - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 17:35 WIB
Polman -

Warga di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), digegerkan kemunculan buaya di kawasan Pantai Wisata Bahari. Peristiwa kemunculan buaya tersebut diketahui sempat menimbulkan kepanikan, khususnya warga yang sedang berada di pesisir pantai.

Dalam rekaman video pendek yang viral di media sosial, Selasa (26/10/2021), terlihat seekor buaya dengan tenang berenang menyusuri pantai hingga mendekati kapal bagang nelayan.

Buaya berwarna hitam dengan bagian ekor bercorak kekuningan itu berenang dari arah barat menuju timur. Jaraknya belasan meter dari bibir pantai.

Salah satu warga setempat Agussalim mengatakan buaya terlihat di pesisir Pantai Bahari, Kelurahan Polewali, Kecamatan Polewali, Selasa (26/10) pagi, sekitar pukul 09.00 Wita. Saat buaya terlihat, ia sedang berada dalam lambung kapal bagang.

"Saya kan kerja di bagang, sekitar jam sembilan, terus orang berteriak, 'Buaya... buaya...'. Saya keluar dari lambung kapal. Saya lihat ke sebelah kanan, saya lihat ada buaya berukuran besar," ungkap Agussalim kepada wartawan.

Pria yang akrab disapa Agus itu juga mengaku sempat melihat tiga ekor buaya dengan ukuran berbeda. Meski begitu, yang terlihat oleh warga dari pesisir pantai hanya seekor.

"Yang saya lihat ada tiga (buaya), yang dua tidak mengapung. Makanya orang lihat cuma satu. Kalau yang kecilnya, ukurannya sekira 2 meter. Yang mengapung itu kemungkinan induknya, kira-kira panjangnya 5 meter," ujarnya sembari menunjuk kapal bagang tempatnya berada saat buaya terlihat.

Kendati kemunculan buaya baru pertama kali terjadi di pesisir pantai wisata ini, Agus dan warga lainnya berharap pemerintah melakukan upaya pencegahan, mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Belum pernah ada kejadian seperti ini. Kita khawatir, apalagi banyak anak-anak yang suka-suka berenang di pantai ini," tuturnya.

Sejauh ini warga belum mengetahui dari mana asal muasal buaya tersebut. Buaya itu terus bergerak ke arah timur, dan tidak terlihat lagi.

(nvl/nvl)