Jalanan Rusak Parah, Warga di Polman Sulbar Tarik Mobil di Tanjakan Berlumpur

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 10:14 WIB
Polman -

Warga di Kecamatan Tutar, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) harus berjuang menarik mobil tanjakan yang berlumpur. Hal ini dilakukan warga setiap hari khususnya pada musim hujan karena infrastruktur jalanan yang rusak parah.

Pantauan di lokasi, Kamis (21/10/2021), salah satu titik jalanan rusak parah itu berada di Desa Ambopadang, Kecamatan Tutar. Jalanan menanjak sepanjang sekitar 200 meter ini susah dilalui kendaraan roda empat dan roda dua karena licin dan berlumpur.

Pengguna roda empat yang hendak melanjutkan perjalanan, harus meminta bantuan orang lain, untuk kemudian bahu membahu menarik mobil. Terkadang aktivitas menarik mobil ini dilakukan sepanjang hari, sembari menunggu permukaan jalan mulai mengering.

"Kalau musim hujan begini suasananya, diakibatkan karena hujan terus. Setiap habis dzuhur pasti hujan," ungkap salah satu warga, Guntur.

Menurut Guntur, tidak jarang warga harus menginap, lantaran gagal melalui jalan yang kondisinya rusak parah, apalagi setelah diguyur hujan.

"Biasa bermalam di Masjid, akibat akses yang sulit dilalui, apalagi kalau hujan lagi," ujarnya.

Guntur menyebut, akses jalan yang rusak parah, merupakan jalur vital penghubung sejumlah desa di daerah ini.

"Ini menghubungkan Desa Polewani, Tubbi, Piriang, Taloba, Besoangin, kalau akses ini tidak ada maka putus lah (jalur) masuk," tuturnya.

Warga berharap, pemerintah segera menyelesaikan perbaikan jalan di jalur ini, agar mereka terbebas dari kesulitan akibat buruknya infrastruktur jalan yang setiap hari harus dirasakan.

(nvl/nvl)