Polisi: Bus TransJ Tabrak TransJ di Cawang Melaju 55,4 Km/Jam

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 15:00 WIB
Penampakan bus Transjakarta yang terlibat kecelakaan di MT Haryono, Jaktim
Penampakan bus TransJakarta yang terlibat kecelakaan di MT Haryono, Jaktim. (Dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Polisi tengah melakukan penyelidikan terkait tabrakan maut dua bus TransJakarta di daerah MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur. Sejumlah temuan baru pun terungkap.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, dari pengecekan petugas di lapangan hingga pemeriksaan CCTV, bus TransJakarta yang menabrak kendaraan di depannya melaju dengan kecepatan tinggi. Tercatat kendaraan itu melaju dengan kecepatan 55,4 km/jam.

"Secara visual dan pengukuran di lokasi itu memang kemarin dari CCTV perhitungan petugas kecepatan 55,4 km per jam saat terjadinya kecelakaan. Jadi saat menabrak berhentinya karena tertahan bus di depannya," kata Argo di gedung Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Imbas tabrakan hebat itu, bus TransJakarta yang ditabrak sempat terdorong hingga 17 meter. Insiden itu pun membuat sopir yang menabrak sempat tergencet di lokasi.

"Jadi bus yang ditabrak mengerem kurang lebih sekitar 17 meter. Setelah 17 meter, baru berhenti dan di situlah korban dievakuasi. Tapi ada dua yang nggak tertolong, sopir dan penumpang," ungkap Argo.

Polisi Ralat Jumlah Korban

Selain itu, hari ini Argo kembali meralat jumlah korban yang terimbas dari kecelakaan maut tersebut. Sebelumnya, polisi mencatat ada 39 korban, dengan rincian 37 luka-luka dan dua orang meninggal dunia.

Hari ini data tersebut diralat polisi. Menurut Argo, ada duplikasi data sehingga jumlah data korban sempat bertambah kemarin.

"Untuk korban 39 sudah kami revisi. Ada duplikasi saat hitung jumlah korban. Jadi korban ada yang di tempat di Wisma Indomobil, ada yang ditaruh klinik Kimia Farma. Nah, di Klinik Kimia Farma ini diitung ulang sehingga jumlah 39," tutur Argo.

Dia menambahkan, setelah ada pemeriksaan ulang hari ini, jumlah korban bisa dipastikan berjumlah 33 orang, dengan 31 mengalami luka-luka dan dua orang lainnya meninggal dunia.

"Jadi jumlah keseluruhan sebenarnya 33. Dari 33, dua orang meninggal dunia di tempat. Sopirnya berinisial J dan satu penumpang yang duduk di depan," terang Argo.

Sementara itu, polisi mencatat ada 5 orang yang mengalami luka berat dan 26 orang lainnya hanya luka ringan.

Simak video 'Fakta-fakta Terbaru soal Kecelakaan Maut Bus TransJakarta':

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mae)