Masalah Istana Dibongkar Johan Budi: Banyak yang Ngomong Wakili Jokowi!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 12:31 WIB
Jubir Presiden Johan Budi
Johan Budi (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Mantan juru bicara (jubir) Presiden Joko Widodo (Jokowi), Johan Budi, menyoroti lingkar Istana yang kerap mewakili Jokowi di depan publik. Jika Presiden Jokowi masih membutuhkan jubir, Johan Budi menilai sosok jubir itulah yang hanya dapat mewakili Jokowi di depan publik.

"Selama ini lingkaran di Istana itu banyak yang ngomong, lingkaran Istana itu ya dari Sekneg, dari Seskab, dari KSP gitu. Itu semua ngomong, gitu. Kalau ngomong selalu mewakili Pak Jokowi gitu," kata Johan Budi kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Johan Budi menyoroti lingkar Istana karena selama ini dia menilai banyak pihak di Istana kerap mewakili Jokowi. Jika Jokowi masih membutuhkan jubir, Johan Budi berharap tak ada pihak lagi yang mewakili.

"Kalau memang khusus untuk Pak Jokowi, ya harus ada jubir. Tapi, ketika ada jubir, itu harus semua dia yang ngomong, nggak boleh orang lain mewakili," ujarnya.

Politikus PDIP ini tak menyebut siapa sosok yang cocok menjadi jubir Presiden Jokowi. Menurut Johan Budi, sosok yang tepat untuk menjadi jubir Presiden kembali pada kebutuhan Jokowi.

"Aduh, saya nggak bisa, saya nggak tahu. Gini loh, nggak bisa orang luar ini cocok sama Pak Jokowi, nggak bisa. Yang tahu itu Pak Jokowi. Pertanyaan ini harus ke Pak Jokowi, jubir Pak Jokowi itu kan harus tahu Pak Jokowi, gitu maksud saya," ucapnya.

"Jadi tidak boleh ada interest sendiri, nggak boleh, jubir itu harus bener-bener apa yang dimauin Pak Jokowi itu seperti apa," tambahnya.

Belakangan, muncul sejumlah nama yang disebut cocok menjadi jubir Presiden Jokowi. Johan Budi juga enggan memberikan komentar, namun dia menyebut jubir Presiden Jokowi harus sosok yang tanpa sekat dengan Jokowi.

"Saya kalau nama nggak komenlah. Karena yang tahu apa kebutuhan Pak Jokowi itu ya Pak Jokowi. Poinnya itu jubir harus mewakili kemauan Pak Jokowi. Kedua, jubir Pak Jokowi itu harus berinteraksi dengan Pak Jokowi, jangan ada barier, jangan ada filter lagi. Yang ketiga, tidak boleh punya interest pribadi," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Siapa Pengganti Fadjroel Rachman Sebagai Jubir Presiden?':

[Gambas:Video 20detik]