Zulhas Ungkap Pesan WhatsApp Terakhir Sudi Silalahi soal Pohon

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 11:21 WIB
PAN gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II usai sebelumnya diketahui bergabung dengan koalisi Presiden Joko Widodo. Apa yang dibahas PAN dalam Rakernas itu?
Zulkifli Hasan, Ketum PAN (Foto: Agung Pambudhy/detikcom).
Jakarta -

Duka menyelimuti publik Tanah Air setelah eks Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi meninggal dunia. Para politikus ramai-ramai menyampaikan rasa duka cita mereka. Ketum PAN Zulkifli Hasan mengungkapkan isi WhatsApp terakhir yang diterimanya dari Sudi Silalahi.

"Dini hari ini saya dikejutkan oleh berita meninggalnya sahabat baik, kolega, dan teman seperjuangan saya, Letnan Jendral TNI (Purn) Sudi Silalahi (Sekretaris Kabinet di era SBY-JK dan Mensesneg di Era SBY-Boediono). Semoga Allah mengampuni beliau dan menempatkan tempat terbaik di sisi-Nya," kata Zulhas kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Zulhas mengenang Sudi Silalahi sebagai sosok yang bersahabat dan membumi. Zulhas mendoakan yang baik-baik untuk almarhum Sudi Silalahi.

"Pak Sudi adalah orang yang penuh persahabatan, perhatian dan rendah hati, dengan dedikasi yang tak perlu diragukan lagi untuk NKRI. Kita semua patut merasa kehilangan atas kepergian beliau pukul 23.50 semalam di RSPAD. Kita doakan beliau husnul khotimah," ujarnya.

Zulhas mengaku terkejut dengan kabar meninggalnya Sudi Silalahi. Sekitar 10 hari yang lalu, Zulhas menyebut tak ada kabar Sudi Silalahi sakit.

"Kepergian Pak Sudi ini bagi saya seolah tiba-tiba, tanpa kabar sakit sebelumnya. Baru sekitar 10 hari lalu saat saya masih di Amerika Serikat, kami saling berkirim WA. Beliau mengirimkan foto-foto saya bersama Imam Shamsi Ali yang saya temui di New York, rupanya Pak Sudi mendapatkan foto itu dari Facebook," ujar Zulhas.

Zulhas sempat membuat janji kepada Sudi Silalahi untuk bertemu. Menurutnya, Sudi Silalahi masih terus mengikuti perkembangan bangsa dan negara. Dia pun mengungkapkan isi pesan terakhir Sudi Silalahi kepadanya, sekitar seminggu lalu.

"Sepulang dari AS, sekitar seminggu lalu, kami pun masih berkirim WA. Pak Sudi bercerita bahwa pohon-pohon yang pernah saya berikan untuknya sekarang sudah tumbuh besar. 'Pohon yang waktu itu, sekarang sudah gede-gede, Pak Zul', ceritanya. Waktu saya masih menjabat Menhut, saya ingat memberi beberapa bibit pohon untuk Pak Sudi," ujarnya.

"Subuh ini, dalam perjalanan saya menuju Lampung, WA datang lagi. Tentang Pak Sudi. Tapi kali ini tidak darinya langsung. Kerabat dan kolega mengabarkan bahwa beliau wafat, tentu saya terkejut sekaligus sangat kehilangan. Saya berdoa dari hati terdalam semoga beliau wafat dalam keadaan husnul khotimah. Saya bersaksi beliau orang yang baik," imbuh Wakil Ketua MPR itu.

Simak video 'Sudi Silalahi, Eks Mensesneg Era SBY Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)