SBY Bakal Hadiri Pemakaman Eks Mensesneg Sudi Silalahi di TMP Kalibata

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 09:20 WIB
SBY kembali menciptakan lagu yang bertujuan untuk memberikan semangat di tengah pandemi virus corona COVID-19. Lagu ini pun dinyanyikan oleh sederet penyanyi Tanah Air. Mulai dari Yuni Shara, Sandhy Sondoro, hingga Lala Karmela. Seperti apa?
SBY (Foto: 20detik)
Jakarta -

Eks Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi meninggal dunia di RSPAD Jakarta. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal menghadiri upacara pemakaman Sudi Silalahi di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan.

"Kami sampaikan bahwa Bapak SBY berencana menghadiri upacara pemakaman Bapak Sudi Silalahi nanti siang di TMP Kalibata," kata Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Selasa, (26/10/2021).

Sudi Silalahi adalah Mensesneg era Presiden SBY. Partai Demokrat berduka atas meninggalnya Sudi Silalahi.

"Demokrat menyampaikan rasa turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas kehilangan ini. Mari kita doakan almarhum agar diampunkan dosa-dosanya, diterima seluruh amal ibadahnya, dan diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan, dan kesabaran," kata Herzaky.

Profil Sudi Silalahi

Dilihat dari situs Kepustakaan Presiden Perpustakaan Nasional, Selasa (26/10/2021), Sudi Silalahi lahir pada 13 Juli 1949. Sudi Silalahi lahir di Pematangsiantar.

Sebelum menjadi menteri, Sudi Silalahi merupakan tentara. Dia merupakan lulusan Akabri 1972 dan mengakhiri karir militer dengan pangkat Letnan Jenderal.

Sudi Silalahi sempat memegang sejumlah jabatan penting selama berkarir di dunia militer. Dia tercatat pernah menjabat Wakil Assospol Kasospol ABRI pada 1996-1997, Kepala Staf Kodam Jaya pada 1998, Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998, dan Pangdam V Brawijaya Surabaya pada 1999.

Saat SBY masih menjabat Menteri Koordinator, Politik, dan Keamanan, Sudi Silalahi sudah mendampinginya sebagai sekretaris. Sudi Silalahi masih dipercaya SBY untuk mendampinginya ketika menjadi presiden.

SBY menunjuk Sudi Silalahi sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2009. Sudi Silalahi kemudian ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014.

Simak Video: Sudi Silalahi, Eks Mensesneg Era SBY Meninggal Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/haf)