Sudi Silalahi Meninggal, Yusril Berduka Kehilangan Rekan dan Sahabat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 10:52 WIB
Ketua tim kuasa hukum pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Yusril Ihza Mahendra selaku pihak terkait menyampaikan keterangan pada sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan jawaban termohon, pihak terkait dan Bawaslu. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Foto: Yusril Ihza Mahendra (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta -

Eks Menteri Sekretaris Negara RI Sudi Silalahi meninggal dunia dan bakal dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta, siang ini. Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra berduka atas wafatnya Sudi Silalahi.

"Semoga segala kebajikannya diterima Allah SWT dan segala kekhilafannya diampuni. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu 'anhu," kata Yusril kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Yusril mengenang sosok Sudi Silalahi. Dia mengaku terakhir bertemu Sudi Silalahi sekitar 2 tahun lalu.

"Almarhum Sudi Silalahi adalah seorang yang ramah dengan sesama manusia dan taat beribadah kepada Allah SWT. Selama pandemi ini saya tidak pernah berjumpa dengan beliau sampai mendapat kabar duka pagi ini. Terakhir berjumpa beliau sekitar 2 tahun tahun yang lalu," katanya.

Yusril menceritakan pertemuannya dengan Sudi Silalahi pada 2 tahun lalu itu. Yusril berduka kehilangan Sudi Silalahi yang disebutnya rekan sekaligus sahabatnya.

"Seperti biasa, kami ngobrol banyak hal. Kini Pak Sudi sudah meninggalkan dunia yang fana ini. Saya kehilangan rekan dan sahabat yang baik yang dulu pernah bekerja bersama-sama untuk kepentingan negara. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran," kata Yusril.

Profil Sudi Silalahi

Dilihat dari situs Kepustakaan Presiden Perpustakaan Nasional, Selasa (26/10/2021), Sudi Silalahi lahir pada 13 Juli 1949. Sudi Silalahi lahir di Pematang Siantar.

Sebelum menjadi menteri, Sudi Silalahi merupakan tentara. Dia merupakan lulusan Akabri 1972 dan mengakhiri karir militer dengan pangkat Letnan Jenderal.

Sudi Silalahi sempat memegang sejumlah jabatan penting selama berkarir di dunia militer. Dia tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Assospol Kasospol ABRI pada 1996-1997, Kepala Staf Kodam Jaya pada 1998, Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998, Pangdam V Brawijaya Surabaya pada 1999.

Saat SBY masih menjabat Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, Sudi Silalahi sudah mendampingi sebagai Sekretaris. Sudi Silalahi masih dipercaya SBY untuk mendampinginya ketika menjadi Presiden.

SBY menunjuk Sudi Silalahi sebagai Sekretaris Kabinet dalam kabinet Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2009. Sudi Silalahi kemudian ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014.

Simak video 'Sudi Silalahi, Eks Mensesneg Era SBY Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/zak)