Kerja dari Indekos, 4 Pegawai Pinjol di Jakbar Tagih 40 Debitur Per Hari

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 21:36 WIB
Polisi gerebek pegawai pinjol yang tagih utang dari indekos di Cengkareng, Jakbar
Polisi menggerebek aktivitas penagihan pinjol dari kos-kosan di Cengkareng, Jakbar. (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap 4 pekerja pinjaman online (pinjol) ilegal yang menagih utang kepada para debitur dari kos-kosan di Kompleks Depag, Jl Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat. Para penagih pinjol itu bisa menagih hingga 40 debitur per harinya.

"Awal mula dicek komputer per orang itu (lakukan penagihan ke) 5-10 orang pada satu hari. Jadi kalau ada empat orang ini, masing-masing antara 10 mungkin ada 40 orang (yang ditagih)," kata Dirkrimsus Kombes Auliansyah Lubis kepada wartawan di lokasi, Senin (25/10/2021).

Dalam melakukan penagihan kepada debitur, mereka juga turut memberikan ancaman. Salah satunya mengancam akan mengirim santet ke korban jika tidak segera melunasi utangnya.

"Sepintas yang terdaftar sudah dilakukan pengancaman. Misalkan tadi ada 'Kalau tidak bayar akan kami santet,' atau 'Kalau tidak bayar akan saya kirim foto senonoh kamu'," ujar Aulia.

Keempat pelaku penagihan pinjol tersebut bekerja di satu perusahaan yang sama namun dengan aplikasi yang berbeda.

Pekerja Tagih Utang dari Indekos

Auliansyah menjelaskan, pihaknya telah mewanti-wanti para pekerja pinjol untuk tidak melakukan penagihan dari rumah atau di luar kantornya. Kenyataannya, polisi menemukan para pelaku melakukan penagihan utang dari indekos.

"Kali ini kita lakukan penindakan dan kembali dari Ditkrimsus Polda kali ini kita lakukan penindakan pinjol ilegal di kos-kosan. Di kantor-kantor sudah mulai tutup, tapi mereka lakukan di kos-kosan," jelas Auliansyah.

Keempat pekerja pinjol tersebut bekerja di bagian desk collection. Mereka kemudian dibawa ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa lebih lanjut.

"Saya sampaikan di IG (Instagram) kita untuk masyarakat yang ingin lapor terkait pinjol ilegal, bahwa ini penindakan (berdasarkan) dari laporan masyarakat di IG," imbuh Auliansyah.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya dan jajarannya sebelumnya telah menindak 5 kantor pinjol di Tangerang, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Dari 5 lokasi itu, polisi mengamankan 13 orang.

(ain/mea)