Pemkot Parepare Gandeng Perusahaan Jepang Garap Program Pendidikan

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 20:33 WIB
Sejumlah siswa mengikuti mata pelajaran saat uji coba pembelajaran tatap muka di Jubilee School,  Sunter Agung, Jakarta Utara, Rabu (1/9/2021).
Ilsutrasi Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, Sulawesi Selatan menggandeng perusahaan Jepang Gakken untuk memperkuat kualitas pendidikan. Kerja sama tersebut diimplementasikan lewat program Gakken After School.

Program tersebut bertujuan untuk memperkuat pendidikan karakter anak didik dan membekali mereka dalam beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan program kerja sama dengan Gakken merupakan upaya untuk mendorong terciptanya SDM berkualitas yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah dan nasional.

Taufan menjelaskan program Gakken After School yang saat ini sudah berjalan di seluruh Sekolah Dasar Negeri di Kota Parepare, memberikan pendidikan yang berkualitas bagi semua anak-anak secara merata, dengan menggunakan materi dan metode pembelajaran 'Gakken Classroom' yang dikembangkan di Jepang dan diklaim telah terbukti efektivitasnya.

"Melalui program ini, kita memberikan ruang bagaimana anak anak belajar, tidak ada hanya apa yang kita ajarkan kepada anak anak," sebut Taufan dalam keterangan tertulis, Senin (25/10/2021).

"Sudah 80 sekolah yang mengikuti program ini. Program ini memberikan bimbingan yang sangat mementingkan pendidikan moral," imbuhnya.

Taufan menyatakan, selain meningkatan kompetensi akademik siswa-siswi seperti membaca dan berhitung, dalam program Gakken After School siswa-siswi juga akan mendapatkan pembelajaran non-akademik berupa kepercayaan diri, disiplin, semangat belajar dan lain sebagainya.

"Ini semua demi anak-anak kita yang cerdas dan berkualitas," ungkap Taufan.

(akd/ega)