Live TikTok Bareng Iben, Cak Imin Ajak Anak Muda Jadi Anggota DPR

Erika Dyah - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 18:44 WIB
Live TikTok Bareng Iben, Cak Imin Ajak Anak Muda Jadi Anggota DPR
Foto: Dok. DPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengajak kaum muda untuk bercita-cita menjadi anggota DPR. Menurutnya, banyaknya penduduk Indonesia yang berasal dari kelompok muda harus menjadi modal utama dalam memajukan negara.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin saat live TikTok dengan influencer Benjamin Adhisurya atau yang dikenal dengan nama Iben oleh TikTokers. Perbincangan soal potensi anak muda ini disiarkan langsung di akun TikTok Iben.

"Jadi anggota DPR banyak yang kritik karena semua jenis orang berkumpul di sini. Itu wajar aja. Ada yang bilang gila karena peluang jadi anggota DPR itu tipis sekali. Tetapi kalau sudah terpilih memang puas," kata Cak Imin dalam keterangan tertulis, Senin (25/10/2021).

Dia menilai saat ini mimpi anak muda tidak hanya sekadar menjadi dokter, pilot, atau profesi konvensional lainnya. Sebab, anak muda masa kini punya cita-cita yang lebih inovatif. Sehingga menurutnya, profesi anggota DPR bisa dijadikan sebagai salah satu referensi.

"Jangan ragu, jangan takut untuk menjadikan cita-cita karena jadi anggota DPR ini jalan tol," ujarnya.

Ia menjelaskan 'Jalan Tol' yang dimaksud adalah bagaimana anak muda bisa membawa perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. Sebab, ia menilai anak muda bisa banyak memperjuangkan kepentingan masyarakat jika menjadi anggota dewan.

"Yakin aja kalau mau jadi anggota DPR. Kayak Iben ini sudah punya modal, karena followernya banyak. Karena syarat jadi anggota DPR itu populer, dikenal dan dipilih," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, di pun menjawab pertanyaan Iben pun seputar syarat khusus dari latar belakang pendidikan untuk menjadi anggota DPR. Ia menjawab, apapun background pendidikannya selama minimal S1, anak muda bisa mencalonkan diri sebagai anggota DPR.

"Mumpung masih muda jangan nyesel tidak banyak berbuat baik, tidak banyak bermanfaat untuk orang lain, untuk rakyat, dan untuk masyarakat. Menteri-menteri itu harusnya orang muda semua. Kalau orang muda itu energik, cepat," terangnya.

"Anggota DPR kalau bisa ganti yang muda semua supaya semangat tinggi, kerja 24 jam dan siap. Kita optimis karena anak muda energi besar, kekuatan untuk bekerja waktu lebih panjang," sambungnya.

Muhaimin menekankan bahwa dengan menjadi anggota DPR, anak muda akan bisa lebih produktif, termasuk dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat.