Syarat Penerbangan Terbaru Oktober 2021, Wajib Tahu!

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 11:10 WIB
Syarat Penerbangan Terbaru Oktober 2021, Wajib Tahu!
Syarat Penerbangan Terbaru Oktober 2021, Wajib Tahu! (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

Syarat Penerbangan Terbaru: Alasan Wajib PCR Diberlakukan

Tes PCR yang menjadi syarat penerbangan terbaru di Jawa Bali kini tengah disoroti oleh sejumlah pihak. Hal itu dikarenakan penularan virus Corona di udara terbilang minim dan banyak orang sudah divaksin lengkap.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito buka suara. Menurutnya PCR masih diberlakukan sebagai syarat penerbangan terbaru karena menjadi metode testing yang paling sensitif.

"PCR sebagai metode testing yang lebih sensitif dapat mendeteksi orang terinfeksi lebih baik daripada rapid antigen, sehingga potensi orang terdeteksi untuk lolos dan menulari orang lain dalam setting kapasitas yang padat dapat diminimalisir," ujar Wiku kepada wartawan, Jumat (22/10).

Di sisi lain, diberlakukannya tes PCR karena di dalam pesawat tidak diterapkan lagi seat distancing. Oleh karenanya, perlu screening test yang lebih akurat.

"Pengetatan metode testing menjadi PCR saja di wilayah Jawa-Bali dan non-Jawa-Bali level 3 dan 4 ini dilakukan mengingat sudah tidak diterapkannya penjarakan antar-tempat duduk atau seat distancing," kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis (21/10).

Demikian informasi mengenai syarat penerbangan terbaru. Jangan lupa persiapkan persyaratannya agar perjalananmu aman.


(izt/imk)