Dubes RI soal Erdogan Usir Dubes Negara Barat: Turki Sensitif Isu Kedaulatan

Matius Alfons - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 08:54 WIB
Jakarta -

Dubes RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan terkait persoalan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mengusir 10 dubes negara barat termasuk Amerika dan Jerman. Lalu Muhammad Iqbal memastikan perseteruan Erdogan dengan 10 dubes negara barat tidak akan berpengaruh terhadap Indonesia.

Awalnya Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan dirinya mendapatkan informasi dari sumber resmi terkait keputusan persona non grata dari Erdogan terhadap duta besar 10 negara. Dia menyebut keputusan itu berkaitan dengan intervensi ke-10 negara terkait kasus Osman Kavala yang masih berjalan di pengadilan.

"Info yang saya peroleh dari sumber resmi, 10 duta besar diusir (persona non grata) karena secara terbuka mencampuri urusan dalam negeri turki dan mencampuri urusan proses pengadilan yang masih berjalan," kata Lalu Muhammad Iqbal saat dihubungi, Minggu (24/10/2021).

Lalu Muhammad Iqbal mengatakan 10 dubes terkait itu bahkan sempat membuat pernyataan bersama di hadapan media agar Pemeritah Turki membebaskan Osman Kavala. Pembebasan itu, kata dia, terkait rangkaian demonstrasi besar yang berujung kekerasan pada tahun 2013.

"10 dubes tersebut membuat pernyataan bersama yang disampaikan kepada media yang meminta agar pemerintah turki membebaskan warga negara Turki, Osman Kavala, seseorang yang disangkakan terlibat dalam rangkaian demonstrasi besar yang berujung kekerasan di tahun 2013 di Istanbul yang dikenal dengan sebutan Demostrasi Gezi Park serta kudeta berdarah yang gagal tahun 2016," jelasnya.

Lalu Muhammad Iqbal menyebut reaksi Erdogan ini menggambarkan sikap Turki yang memang tidak senang dengan adanya intervensi dari negara lain. Khususnya, menurut dia, terkait kedaulatan Turki.

"Turki sangat sensitif dengan isu-isu yang terkait dengan kedaulatannya," imbuhnya.

Meski demikian, Lalu Muhammad Iqbal memastikan Indonesia tidak akan terdampak baik secara langsung ataupun tidak langsung dalam persoalan ini. Dia menekankan hubungan Indonesia dan Turki tidak akan terpengaruh.

"Tidak ada kaitan dengan Indonesia. Jadi tidak ada pengaruhnya terhadap hubungan Indonesia-Turki. Intinya tidak terkait dgn indonesia sehingga tidak pengaruhi hubungan dengan Indonesia," sebutnya.

(maa/imk)