Pangdam Jaya Jelaskan Rencana Vaksin Door to Door Penderita Komorbid

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 13:49 WIB
Pangdam Jaya, Mayjen Mulyo Aji di JI Expo, Kemayoran, Jakpus, Minggu (24/10/2021).
Pangdam Jaya, Mayjen Mulyo Aji di JIExpo, Kemayoran, Jakpus, Minggu (24/10/2021). (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo menjelaskan rencana vaksin COVID-19 door to door untuk warga komorbid. Namun, Mulyo Aji mengungkapkan kendala jika vaksinasi warga komorbid dilakukan door to door.

"Ini masih kita pikirkan (vaksinasi door to door penderita komorbid)," kata Mulyo kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (24/10/2021).

Kendala yang dia maksud adalah keterbatasan warga mengetahui kondisi penyakit yang dideritanya. Namun Mulyo Aji akan berupaya menggelar sentra-sentra vaksinasi untuk melayani pasien komorbid.

"Paling bisa kita nanti di sentra-sentra tertentu yang akan bisa melayani mereka. Tetapi ya masih kita rencanakan, kita melihat sampai hari ini bagaimana baru kita rencanakan besok pagi," jelas Mulyo.

Diketahui pelaksanaan vaksinasi di JIExpo Kemayoran juga menyediakan konsultasi kesehatan secara gratis melalui daring. Warga dilayani oleh dokter spesialis penyakit jantung, paru-paru, ginjal, dan lainnya.

"Sehingga pada saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hari ini, bagi mereka yang punya masalah tadi bisa terlayani dengan baik," kata Mulyo.

Mulyo Aji berharap kegiatan ini dapat membantu menghilangkan keraguan warga komorbid untuk menerima suntikan vaksin COVID-19. Hingga siang ini tercatat sudah lebih dari 4.000 pengunjung mengikuti vaksinasi.

"Dan harapan kami dapat membantu masyarakat atau pun saudara kita yang punya masalah komorbid bisa melaksanakan konsultasi. (Vaksin) hari ini khusus buat jajaran DKI, Depok, Tangerang, Bekasi kabupaten serta kota. Jadi kami laksanakan sampai selesai," sambungnya.

Pelaksanaan vaksinasi di JIExpo juga yang ketiga kalinya dilaksanakan. Sebelumnya, vaksinasi serupa dilakukan di Tangerang.

Diketahui vaksin hari ini diperuntukkan kepada penderita komorbid, lansia, anak, ibu hamil, pasien kanker, dan masyarakat umum. Dosis vaksinasi yang digunakan hari ini adalah Sinovac dan Pfizer.

Simak juga 'Gelar Vaksinasi Massal, Kapolri-Panglima Targetkan 2 Juta Suntikan Sehari':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/aud)