Nusantara Palestina Center Sumbang 5 Ambulans untuk Warga Palestina

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 17:59 WIB
Bantuan ambulance untuk Palestina.
Foto: dok. Nusantara Palestina Center
Jakarta -

Organisasi kemanusiaan untuk Palestina, Nusantara Palestina Center (NPC) menyerahkan bantuan berupa 5 unit mobil ambulans ke Rumah Sakit As-Syifa Milik Kementerian Kesehatan Palestina dan Jabalia Medical Center (JMC). Bantuan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat Palestina.

"Pengadaan ambulans ini bukti konkret dukungan masyarakat Indonesia untuk memenuhi sarana prasarana medis di Jalur Gaza yang masih sangat dibutuhkan," ujar Direktur Pelaksana NPC Ihsan Zainuddin dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/10/2014).

Menurut ihsan, serangan militer Israel paling parah terjadi pada 10-21 Mei 2021 lalu. Serangan tersebut dinilainya memperburuk situasi di Gaza sehingga menyebabkan banyak korban jiwa dan melukai warga sipil, serta mengakibatkan kehancuran atau kerusakan rumah dan infrastruktur. Selain itu sejumlah layanan dasar kesehatan terganggu, termasuk keberadaan mobil ambulans di Gaza yang tidak memadai karena rusak akibat bombardir serangan roket yang dilakukan oleh militer Israel.

"Apalagi saat terjadi perang, jumlah korban jiwa tidak sebanding dengan sarana kesehatan yang ada," tuturnya.

Lebih lanjut, Ihsan mengatakan NPC akan selalu ada untuk kemanusiaan. NPC, lanjut dia, akan bekerja keras dalam mengadvokasi masalah-masalah kemanusiaan di Palestina.

Dia mengatakan lembaga yang ia pimpin tersebut saat ini berkomitmen kuat menjadi lembaga yang profesional, terpercaya, dan amanah dalam memberikan bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina.

"Indonesia akan selalu hadir sampai kapan pun, karena kita sesama muslim, sesama manusia, tak akan pernah rela derita itu ditanggung sendiri oleh saudara-saudara kita di Palestina," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Palestina Care NPC Masri Udin menambahkan kelima mobil ambulans itu merupakan sumbangan dari NPC dan beberapa lembaga mitra di Indonesia, di antaranya DT Peduli, Little Project, UPZ Alumni FK UNAND Sumatera Barat dan Kitabisa.Com (Ustadz Taqy Malik).

Dia menyebut satu ambulans dari UPZ Alumni FK UNAND sudah diserahkan ke Rumah Sakit As-Syifa pada tanggal Jumat (8/10) lalu, sementara keempat yang lainnya dalam tahap desain dan perapian.

Diungkapkannya bantuan mobil ambulans tersebut merupakan mobil baru merek Hyundai H1 keluaran tahun 2019. Sehingga biaya perawatan mobil-mobil ini per tahunnya relatif rendah. Selain itu, mobil ambulans ini juga telah difasilitasi dan didukung dengan alat-alat kesehatan lengkap.

(prf/ega)