Polisi Sita Rp 20 M dari Bos Pinjol Ilegal yang Sebabkan Ibu Gantung Diri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 13:15 WIB
Pinjam Online Abal-abal
Pinjaman online abal-abal (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Ibu di Wonogiri, Jawa Tengah, gantung diri diduga karena diteror pinjaman online (pinjol) ilegal, salah satunya adalah Fulus Mujur. Polisi menangkap bos pinjol ilegal itu dan menyita duit Rp 20 miliar.

Pinjol ilegal itu diduga dikelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Solusi Andalan Bersama (SAB). Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri kemudian telah menangkap Ketua KSP Solusi Andalan Bersama, MDA.

"Telah dilakukan penangkapan dan penahanan terhadap Saudari JS (pendana), MDA (Ketua KSP Solusi Andalan Bersama), dan SR," ujar Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Helmy Santika saat dimintai konfirmasi, Sabtu (23/10/2021).

Helmy mengatakan pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti dari MDA. Salah satu yang disita adalah dua rekening bank yang berisi duit Rp 20,4 miliar dan Rp 11 juta.

"Dari Saudari MDA disita akta pendirian KSP Solusi Andalan Bersama, perjanjian kerja sama dengan payment gateway, handphone, uang senilai Rp 20,4 miliar pada rekening bank," tuturnya.

"Uang senilai Rp 11 juta pada rekening bank (lain)," ucapnya.

Awal Mula Terbongkarnya Kasus

Helmy juga menjelaskan awal mula pihaknya membongkar KSP Solusi Andalan Bersama. Polisi menyebut ada salah satu korban pinjol ilegal dari KSP Solusi Andalan Bersama mendapat SMS berisi link 'Pinjaman Nasional'.

"Berawal pada Juli 2021, korban menerima informasi pesan SMS di HP milik korban berupa link aplikasi 'PINJAMAN NASIONAL'," kata Helmy.

Tonton juga Video: Cerita Korban Pinjol Telat Bayar, Fotonya Diedit Konten Porno

[Gambas:Video 20detik]