Pengelola Jelaskan Alasan Warga KTP Luar DKI Belum Boleh Masuk Ragunan

Annisa Rizki Fadhila - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 11:49 WIB
Suasana di Ragunan yang mulai dibuka lagi (Annisa-detikcom)
Suasana di Ragunan yang mulai dibuka lagi (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, dibuka lagi khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta. Pengelola Ragunan menyebut ada sejumlah alasan mengapa pengunjung masih dibatasi.

"Pertimbangannya ya di luar Jakarta kita belum tentu sudah divaksin semua. Kalau untuk warga Jakarta sendiri kan rata-rata sudah divaksin dan prokes-lah," kata pejabat Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, kepada wartawan, Sabtu (23/10/2021).

Dia mengaku khawatir aktivitas wisata di Ragunan malah menjadi klaster baru Corona jika pengunjung tak dibatasi. Wahyudi menyebut pihaknya berupaya agar pembukaan tempat wisata tak memicu lonjakan kasus Corona.

"Kalau di luar Jakarta masih banyak yang tidak prokes, jadi kita khawatir justru membawa apa yang sudah relatif aman di Jakarta," ujarnya.

Pengelola Ragunan telah menyiapkan petugas untuk mengecek KTP calon pengunjung di pintu masuk. Dia mengatakan pengecekan juga dilakukan ketika warga mendaftar untuk membeli tiket secara online.

"Sebelumnya, ketika pendaftaran online, masyarakat juga diharuskan mencantumkan NIK. Jadi kan sudah terdeteksi NIK Jakarta atau bukan, jadi sudah ketahuan. Terus pas datang juga tetap dicek fisik KTP-nya harus ditunjukkan. Kan ada petugas verifikator di depan. Jadi prosedur berlapis, jadi memang ini panjang ya," ucapnya.

Dia belum bisa memastikan kapan warga ber-KTP luar Jakarta bisa masuk ke Ragunan. Dia menilai kunjungan bisa saja dibuka setelah status PPKM Jakarta turun ke level 1.

"Mungkin dinyatakan level 1 atau mungkin sudah hilang level-level itu, jadi sudah normal kembali. Mungkin seperti itu, tapi kita tidak tahu ya. Nanti menyusul," jelasnya.

Jumlah Pengunjung Hari Pertama Pembukaan Kembali

Wahyudi Bambang mengatakan ada 2.248 orang yang datang ke Ragunan hingga pukul 10.00 WIB. Sementara itu, ada sekitar 8.000 orang yang telah mendaftar untuk masuk Ragunan hingga tadi malam.

"Ini indikasi bahwa pengunjung kita sangat-sangat antusias berwisata ke sini. Kalau data yang sudah mendaftar online sih sampai jam 00.00 tadi malam di kisaran 8.000 orang yang sudah mendaftar. Artinya masih akan terus bertambah. Kita belum tahu apakah semuanya akan datang atau tidak. Tapi yang jelas sudah tercatat sekitar 8.000-an itu," katanya.

Taman Margasatwa Ragunan buka mulai pukul 07.00-14.30 WIB. Selain itu, ada aturan ganjil genap untuk membatasi pengunjung pada akhir pekan.

"Ganjil genap tetap diberlakukan mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jumat diberlakukan siang dari jam 12.00-16.00 WIB. Kalau untuk weekend diberlakukan dari pagi," ucapnya.

(haf/haf)