Hari PBB 24 Oktober, Ini Sejarah dan Tema UN Day 2021

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 09:45 WIB
Hari PBB 24 Oktober, Ini Sejarah dan Tema UN Day 2021
Hari PBB 24 Oktober, Ini Sejarah dan Tema UN Day 2021 -- ilustrasi bendera PBB (Foto: Dok. United Nations)
Jakarta -

Hari PBB dirayakan pada tanggal 24 Oktober setiap tahunnya. Hari PBB yang dirayakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk menegaskan kembali tujuan dan prinsip PBB yang telah berdiri selama puluhan tahun.

Berikut informasi mengenai Hari PBB yang sudah kami rangkum.

Hari PBB: Ini Sejarahnya

Dilansir dari situs resmi PBB, dahulu pada tahun 1945, perwakilan dari 50 negara bertemu di Kota San Francisco, Amerika Serikat pada Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Organisasi Internasional untuk menyusun Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Perserikatan Bangsa-Bangsa secara resmi muncul pada 24 Oktober 1945, ketika Piagam telah diratifikasi oleh mayoritas penandatangan.

Maka dari itu, setiap tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari PBB. Diketahui bahwa tahun ini merupakan Hari PBB yang ke-76.

Hari PBB: Tema Tahun Ini

Di saat dunia mulai pulih secara bertahap dari pandemi Covid-19, tahun ini tema Hari PBB adalah "Building Back Together for Peace and Prosperity". Mengenai hal ini, harapannya Hari PBB tahun ini bisa diperingati sebagai salah satu simbol harapan untuk persatuan global.

Hari PBB tahun ini juga merupakan seruan untuk memperkuat kerja sama internasional demi kepentingan bangsa dan rakyat. Serta untuk masa depan yang lebih damai dan sejahtera bagi masyarakat dunia.

Hari PBB: Perayaan Tahunan

Sebenarnya, tiap tahunnya diadakan konser di Aula Majelis Umum Organisasi, di Markas Besar PBB di New York sebagai bentuk perayaan Hari PBB. Namun mengingat bahwa saat ini adalah masa pandemi Covid-19, maka konser dilaksanakan secara hybrid.

Konser yang diselenggarakan pada hari Kamis, 21 Oktober 2021 kemarin menunjukkan sebagian pertunjukan live dan sebagian pertunjukan yang direkam sebelumnya. Tentunya dengan jumlah penonton yang dibatasi serta mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Konser tersebut disponsori oleh Misi Tetap Republik Korea untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pemain biola terkenal Angela dan Jennifer Chun bersama dengan penyanyi soprano Youngok Shin memberikan pertunjukan langsung di Aula Majelis Umum, di Markas Besar PBB di New York.

Selain itu, video pra-rekaman akan diputar selama acara. Pertunjukan yang direkam sebelumnya menampilkan penyanyi sopran terkenal Youngmi Kim, Goyang Philharmonic Orchestra, pianis Yungwook Yoo dan band K-POP wanita Aespa.

Tentang perayaan Hari PBB 24 Oktober bisa dilihat juga di halaman berikutnya.

Simak juga 'PBB: 100 Juta Orang Jatuh Miskin Gegara Pandemi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]