Tema Hari Pangan Sedunia 2021 dan Serba-serbi Menarik Tahun Ini

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 15:35 WIB
Tema Hari Pangan Sedunia 2021 dan Serba-serbi Tahun Ini
Tema Hari Pangan Sedunia 2021 dan Serba-serbi Tahun Ini / Foto: Getty Images/yulkapopkova
Jakarta -

Tema Hari Pangan Sedunia 2021 bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global bagi mereka yang menderita kelaparan, dan untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua. Hari Pangan Sedunia 2021 jatuh pada tanggal 16 Oktober.

Saat ini di masa pandemi Covid-19, angka kelaparan terus meningkat. Hal ini tentunya membebani sistem pangan di beberapa negara. Pada 16 Oktober 2021 merupakan kedua kalinya masyarakat dunia memperingati Hari Pangan Sedunia ketika beberapa negara sedang mengalami dampak dari pandemi Covid-19.

Berikut informasi mengenai tema Hari Pangan Sedunia 2021 dan serba-serbi peringatan ini.

Tema Hari Pangan Sedunia 2021 Apa Ya?

Hari Pangan Sedunia diselenggarakan dengan tema yang berbeda tiap tahunnya. Dilansir dari situs resmi Food and Agriculture Organization (FOA) tahun ini, tema Hari Pangan Sedunia 2021 adalah 'Our actions are our future- Better production, better nutrition, a better environment and a better life'.

Produksi makanan terlalu sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies. Hal ini karena cara kita memproduksi, mengonsumsi, dan membuang-buang makanan sangat berpengaruh besar pada sumber daya alam, lingkungan, dan iklim.

Tema Hari Pangan Sedunia 2021 dan Peringatan di Berbagai Negara

Perayaan Hari Pangan Sedunia di 150 negara membuat Hari Pangan Sedunia menjadi salah satu hari yang paling dirayakan dalam kalender PBB. Ratusan acara dan kegiatan menyatukan pemerintah, bisnis, LSM, media, dan masyarakat umum.

Di Hari Pangan Sedunia ini mereka mempromosikan kesadaran dan tindakan di seluruh dunia bagi mereka yang menderita kelaparan dan kebutuhan untuk memastikan diet sehat untuk semua. Hari Pangan Sedunia 2021 kali ini kembali dirayakan di ibu kota Belgia, Brussels.

Tema Hari Pangan Sedunia 2021 Dibahas dalam Panel Diskusi

Untuk mendalami tema Hari Pangan Sedunia 2021, Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), UNHCR, UN Refugee Agency, dan World Food Programme (WFP) menyelenggarakan panel diskusi pada Jumat 15 Oktober 2021. Panel diskusi ini bertajuk 'Celebrating efforts to strengthen local food systems for displaced and host communities'.

Acara ini akan berfokus pada bagaimana masyarakat berkontribusi pada ketahanan pangan dan kemakmuran sosial-ekonomi. Karena diadakan di tengah pandemi Covid-19 serta pembicara acara tersebut berasal dari berbagai macam negara, maka dari itu acara akan dilakukan secara virtual.

Setelah tahu tema Hari Pangan Sedunia 2021, mari menyimak bagaimana peringatannya di beberapa negara. Cek di halaman selanjutnya ya.