Nasihat Ical untuk Golkar yang Ingin Capreskan Airlangga: Fokus Atasi Pandemi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 12:33 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Arilangga Hartarto didampingi pimpinan Partai Golkar secara resmi
membuka Rapimnas Partai Golkar 2017 di Jakarta, Senin (18/12/2017). Partai Golkar akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) guna mengukuhkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum baru pengganti Setya Novanto. Grandyos Zafna/detikcom
Airlangga Hartarto dan Aburizal Bakrie atau Ical (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Ketua Dewan Pembina (Wanbin) Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical memberi nasihat kepada Partai Golkar yang ingin mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto, sebagai calon presiden (capres) 2024. Ical menilai Partai Golkar harus berfokus pada konsolidasi internal.

"Masih terlalu pagi bicara hal itu. Partai Golkar tak ingin terbawa arus dan/atau agenda setting pihak lain," kata Ical kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Selain fokus pada konsolidasi internal, Ical menilai Partai Golkar harus fokus pada kerja politik. Dia menyebut Golkar harus ikut membantu membuat Indonesia pulih dari pandemi Corona.

"Partai Golkar saat ini fokus pada konsolidasi internal, fokus pada kerja politik yang masif untuk membawa Indonesia keluar dari masalah pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi secara nasional," ujarnya.

Ical mengatakan Airlangga-lah yang akan mengumumkan siapa capres yang diusung Golkar. Ical memilih memberikan masukan soal capres 2024 secara tertutup karena hal itu aturan di Partai Golkar.

"Soal capres, pada saatnya Ketua Umum akan mengumumkan dan saya sebagai Ketua Wanbin, bila ada menyampaikan masukan dan saran, sifatnya tertutup. Itulah aturan main di partai kami," tuturnya.

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebelumnya bakal diusung partainya sebagai capres 2024. Pasalnya, Golkar memutuskan memiliki capres sendiri.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: