Jadi Deputi BNPP Kemendagri, Komjen Paulus Waterpauw Pamit ke Kapolri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 10:08 WIB
Kabaintelkan Polri Komjen Paulus Waterpaw
Komjen Paulus (Foto: Wahyudi-20detik)
Jakarta -

Komjen Paulus Waterpauw resmi menjabat Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Paulus disebut sudah pamit ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelum dilantik.

"Sebelum dilantik, Komjen Paulus sudah pamit dan menyerahkan jabatannya sebagai Kabaintelkam kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, kepada wartawan,, Jumat (22/10/2021).

Paulus menggantikan Boytenjuri di posisi tersebut. Paulus ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduduki jabatan baru sebagai Deputi BNPP sesuai Keputusan Presiden Nomor 147/TPA tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan pimpinan tinggi madya di lingkungan BNPP.

Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 849 Tahun 2015 tentang Status Jabatan di Lingkungan Polri, posisi Komjen Paulus secara otomatis diisi oleh Wakabaintelkam Irjen Suntana untuk sementara waktu.

"Nah, Kabaintelkam yang telah menyerahkan tugasnya ke Kapolri maka secara otomatis tugas dan tanggung jawabnya dilaksanakan oleh Wakabaintelkam," tuturnya.

Argo mengatakan posisi Kabaintelkam belum diisi secara definitif. Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) masih melakukan proses terkait pengganti Paulus.

"Siapa pengantinya masih menunggu proses di Wanjakti," imbuh Argo.

Komjen Paulus Waterpauw merupakan jebolan Akpol 1987. Paulus sudah mengabdi di kepolisian selama 38 tahun. Dirinya memasuki masa pensiun pada 1 November 2021.

Sebelumnya, Komjen Paulus Waterpauw dilantik untuk menduduki jabatan Deputi Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNNP) Kemendagri. Dia dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian kemarin pagi.

"Pada Kamis, 21 Oktober 2021, pukul 10.00-10.30 WIB, telah dilaksanakan kegiatan pelantikan sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan RI di kantor Badan Nasional Pengelola Perbatasan yang dipimpin oleh Mendagri RI," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi detikcom.

Ramadhan mengatakan Polri akan memberikan personel terbaiknya saat institusi negara lain membutuhkan.

"Tentunya, kalau ada personel Polri yang diminta untuk pengabdian bangsa dan negara, Polri akan memberikan personel yang terbaik," terang Ramadhan.

Simak juga Video: Mengenal Paulus Waterpauw, Putra Papua Pertama Bintang Tiga di Polri

[Gambas:Video 20detik]




(haf/haf)