Jubir Beberkan Capaian 2 Tahun Jokowi: Tangani Pandemi-Kawal Keadilan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 06:29 WIB
5 Tahun Jokowi-JK dan 1 Tahun Jokowi-Maruf Amin baru saja dilewati. Berikut serba-serbi pencapaian para tokoh tersebut untuk Indonesia.
Presiden Joko Widodo (Foto: Tim detikcom)
Jakarta -

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengungkap capaian 2 tahun pemerintahan di bawah nahkoda Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mulai dari vaksinasi hingga PON XX di Papua.

"Selama dua tahun pemerintahan, Presiden Joko Widodo menciptakan keseimbangan antara penanganan pandemi, kebijakan keberlanjutan pembangunan nasional, serta pengawalan keadilan, hukum dan HAM," ujar Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/10/2021).

Ada 3 poin yang disorot Fadjroel soal capaian Jokowi. Pertama, soal penanganan pandemi.

"Pertama, kebijakan penanganan pandemi difokuskan pada penyelamatan kesehatan dan daya tahan sosial ekonomi rakyat secara simultan," sambung Fadjroel.

Penyelamatan kesehatan yang dimaksud Fadjorel di antaranya pembentukan Satgas COVID-19, pendirian rumah sakit rujukan COVID-19, hingga upaya vaksinasi Corona.

"Presiden Joko Widodo telah melakukan diplomasi internasional terkait pengadaan vaksin sejak pertengahan tahun 2020. Alhamdulillah, kerja keras ini menghasilkan pengadaan vaksin baik produk jadi dan bahan mentah sehingga Indonesia menjadi negara dengan vaksinasi tertinggi nomor 6 (enam) di dunia," jelasnya.

Fadjroel menambahkan penanganan pandemi COVID-19 Indonesia diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia pada September 2021. Membaiknya kondisi pandemi di Tanah Air diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang melejit.

"Kedua, kebijakan pembangunan dalam narasi Indonesia Sentris tetap dilaksanakan antara lain pembangunan sumberdaya manusia (SDM), melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan transformasi ekonomi melalui ekonomi hijau dan hilirisasi industri," lanjutnya.

Pembangunan jalan tol, jembatan, bendungan hingga embung, tutur Fadjroel, sangat masif dilakukan di 2 tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan pembangunan SDM juga digenjot seperti merdeka belajar, digitilasi pendidikan, beasiswa semua level pendidikan, dan peningkatan gizi anak-anak Indonesia.

"Ketiga, kebijakan terkait keadilan, hukum dan HAM menjadi bagian penting dari implementasi transformasi progresif. Termasuk melindungi, memajukan, menegakkan, dan memenuhi HAM, juga hak konstitusional untuk melakukan kritik," ungkap Fadjroel.

"Keadilan juga ditandai oleh pelaksanaan PON XX Papua sehingga Indonesia bagian timur khususnya rakyat Papua memiliki kesempatan terhadap akses fasilitas olahraga berkualitas, pembuktian kapasitas SDM, dan berpartisipasi menjadii simbol persatuan Bangsa Indonesia," sambungnya.

BEM SI Demo

2 tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin diwarnai dengan demonstrasi mahasiswa. Demonstrasi ini sempat memanas dan terdapat aksi bakar ban di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021),

Terdapat sejumlah tuntutan yang dibacakan massa, mulai tuntutan agar pemerintah menjamin kebebasan akademik, biaya pendidikan yang berkeadilan, pendidikan aman dari kekerasan seksual, penegakan marwah akademik, mencabut revisi UU KPK, UU Minerba, UU Cipta Kerja, dan aturan turunannya, evaluasi total Kabinet Indonesia Maju dan tuntutan lainnya.

Lihat Video: Massa BEM SI Bubar, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Dibuka

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mae)