Calon Dubes Hasil Uji Kelayakan Komisi I DPR Dilantik Pekan Depan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 23:08 WIB
Uji kelayakan dan kepatutan calon Dubes RI di Komisi I DPR, Rabu (14/9/2021).
Foto: Uji kelayakan dan kepatutan calon Dubes RI di Komisi I DPR. (dok. istimewa)
Jakarta -

Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) 33 calon Duta Besar (Dubes) RI untuk beberapa negara sahabat telah digelar pada pertengahan Juli 2021. Pelantikan para calon Dubes RI tersebut bakal dilakukan dalam waktu dekat.

"Memang dalam waktu dekat akan ada pelantikan beberapa dubes yang telah memperoleh persetujuan (agreement) dari negara yang diakreditasikannya," kata Jubir Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (21/10/2021).

Faizasyah memastikan pelantikan calon Dubes RI tersebut tidak dilakukan pekan ini. Informasi yang diperoleh, pelantikan akan dilakukan pekan depan.

"Namun belum hari ini atau besok. Minggu depan kabarnya," ungkap Faizasyah.

Komisi I DPR RI menggelar uji kelayakan terhadap 33 calon Dubes RI pada 12-14 Juli 2021. Fit and proper test dilakukan dalam beberapa sesi.

Terdapat nama-nama sejumlah tokoh yang mengikuti uji kelayakan tersebut. Ada Fadjroel Rachman, Arrmanatha Nasir, Rosan Roeslani hingga Zuhairi Misrawi.

Sebanyak 33 nama calon Dubes RI tersebut tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) Nomor R/19/Pres/04/2021 tertanggal 29 April yang dikirim ke DPR. Pengiriman surpres tersebut dibacakan dalam rapat paripurna DPR pada 20 Mei 2021.

Nama-nama calon dubes ada di halaman berikutnya.