Ketua PKB Ingin Jubir Jokowi Pengganti Fadjroel Berpengetahuan Komplet

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 18:58 WIB
Faisol Riza
Faisol Riza (Erlangga/dpr.go.id)
Jakarta -

Nama Fadjroel Rachman masuk dalam daftar calon duta besar atau dubes RI yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua DPP PKB Faisol Riza ingin sosok yang bakal menggantikan Fadjroel Rachman sebagai juru bicara atau jubir presiden memiliki pengetahuan yang komplet.

Faisol Riza menyebut bahwa penjelasan jubir presiden selama ini kerap bertentangan dengan penjelasan kementerian dan lembaga. Faisol Riza menilai hal itu menyebabkan publik kerap meragukan kebijakan presiden.

"Selama ini jubir presiden sering diragukan kredibilitasnya oleh publik karena beberapa kali sering kurang jelas menerangkan kebijakan presiden, bahkan pernah berselisih dengan penjelasan kementerian terkait," kata Faisol Riza kepada wartawan, Sabtu (26/6/2021).

Ketua Komisi VI DPR RI ini menilai Presiden Jokowi memerlukan jubir yang memiliki pengetahuan yang komplet. Dasar dan tujuan kebijakan presiden yang disampaikan kepada publik pun akhirnya dapat diserap oleh publik.

"Sebagai harapan publik tentu kita ingin jubir yang bisa menerangkan kebijakan presiden dengan clear. Mungkin presiden memerlukan jubir yang memiliki background pengetahuan cukup komplet sehingga bisa menerangkan latar belakang kebijakan dan tujuan dari kebijakan itu sendiri," ujar Faisol Riza.

"Tapi tentu Presiden lah yang tahu persis jubir seperti apa yang dibutuhkan. Apa lagi di masa pandemi dan disrupsi ini," sambungnya.

Faisol Riza memberikan cerita soal sengkarut jubir lembaga tertentu. Sedangkan jubir presiden yang berada di lingkar Istana kerap tak muncul untuk meluruskan atau memberi penjelasan rinci.

"Selama ini juga sering kali ada ketidakjelasan karena ada jubir dari lembaga teknis seolah memerankan jubir presiden, sementara jubir presiden sendiri tidak muncul," imbuhnya.

Nama Fadjroel Rachman sebelumnya masuk daftar calon duta besar yang diajukan Presiden Jokowi. Fadjroel Rachman, yang masih menjabat jubir Presiden Jokowi, mengaku tak jadi masalah ditempatkan di mana saja.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: