2 Oknum TNI Bantu Rachel Vennya Kabur Karantina Diperiksa Polisi Militer

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 16:16 WIB
Jakarta -

Kodam Jaya mengumumkan adanya dua oknum anggota TNI yang membantu aksi kaburnya Rachel Vennya saat karantina di RSDC Pademangan. Kedua anggota TNI itu kini tengah diperiksa oleh polisi militer.

"Jadi hasil penyelidikan staf intel ya sesuai dengan perintah Panglima (Pangdam Jaya) selaku Pangkogasgapad, yang bersangkutan dikembalikan ke satuan asal. Nanti akan diperiksa oleh polisi militer di satuan asalnya," kata Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Dua anggota TNI itu diketahui berinisial FS dan IG. Awalnya pihak Kodam Jaya mengungkap keterlibatan FS selaku tim satgas di Bandara Soekarno-Hatta dalam proses kaburnya Rachel Vennya saat karantina.

Penyelidikan kemudian berlanjut dan menemukan fakta keterlibatan satu anggota TNI lainnya berinisial IG.

"Penyelidikan kemarin, pendalaman, memang ada dua oknum yang bekerja sama," ujar Herwin.

Herwin belum memerinci peran dari masing-masing dua anggota TNI yang terlibat tersebut. Dia hanya menjelaskan keduanya telah dinonaktifkan dari Satgas dan dikembalikan ke satuan asal.

"Jadi memang sudah dikembalikan dari Bapak Panglima Kodam. Untuk satuannya yang satgas bandara itu berasal dari Koops AU satu kemudian untuk yang di Pademangan itu berasal dari Wing Satu Paskhas," terang Herwin.

Terkait jeratan pidana yang bisa dikenakan kepada dua anggota TNI tersebut, Herwin enggan berspekulasi. Dia menyebut pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan di polisi militer.

"Nanti hasilnya oleh polisi militer. Sampai sekarang kita belum dapat hasil resumenya," ujar Herwin.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.