detikcom Do Your Magic

Pemkot Depok Bahas Perbaikan Jembatan di Tanah Baru yang Sumbat Sampah

Firda Cynthia - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 15:30 WIB
Sampah di saluran Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, 12 Oktober 2021. (Syarifudin via PasangMata detikcom)
Sampah di saluran Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, 12 Oktober 2021. (Syarifudin via PasangMata detikcom)
Jakarta -

Jembatan di Tanah Baru, Kota Depok, terlihat rusak dan rendah, sehingga badan jembatan itu kerap menyumbat sampah di aliran air. Dinas PUPR Kota Depok menyatakan telah mengecek kondisi jembatan kecil merah itu.

"Sudah (dicek)," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti, kepada detikcom, Kamis (21/10/2021).

Ia menuturkan bahwa pihaknya melakukan pengecekan kondisi jembatan merah itu pada Sabtu (16/10) lalu. Meskipun begitu, ia masih belum dapat memastikan terkait rencana perbaikan jembatan tersebut.

"Sudah seminggu yang lalu (dilakukan pengecekan)," ujarnya.

"Mau diusulkan dulu," sambung dia.

Diketahui, jembatan di atas saluran Tanah Baru, Kota Depok, mulai rontok ke aliran air sehingga menyumbat sampah-sampah. Warga menyatakan jembatan itu sudah ada sejak '90-an. Warga berharap jembatan kecil merah itu diperbaiki.

"Jembatan Tanah Baru Raya ini milik swadaya warga yang sudah dibuat sejak '90-an," kata Ketua RW 11 Kelurahan Pancoran Mas, Kota Depok, Musroji, kepada detikcom, Kamis (14/10).

Warga berharap Dinas PUPR Kota Depok memperbaiki jembatan yang sudah rusak ini. Tujuannya, supaya akses warga tidak terganggu dan sampah tidak lagi menyangkut di bawah jembatan, apalagi musim hujan segera tiba. Jembatan itu juga sudah terlalu rendah sehingga dekat dengan permukaan air.

"Selama ini swadaya hanya buat renovasi permukaan jembatan saja, bukan fondasinya, jadi belum bisa mengatasi masalah tersumbatnya sampah kiriman dari wilayah Citayam, Bogor, jika air kali meluap," kata Musroji.

(aik/aik)