PPKM Level 1 di Mana Saja? Ini Daftar Daerah di Jawa Bali

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 12:45 WIB
PPKM Level 1 di Mana Saja? Ini Daftar Daerah di Jawa Bali
PPKM Level 1 di Mana Saja? Ini Daftar Daerah di Jawa Bali / Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

PPKM level 1 di sejumlah daerah di Jawa dan Bali telah diumumkan oleh pemerintah. Pada periode perpanjangan PPKM kali ini, beberapa daerah di Jawa Bali sudah banyak yang turun statusnya ke PPKM level 1.

Daerah yang berada PPKM level 1 tersebut diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19. Aturan ini telah ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Senin (18/10/2021) lalu.

Daerah PPKM level 1 tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Persisnya di daerah mana sajakah itu? Apa saja aturan baru yang diterapkan untuk kegiatan masyarakat?

Simak ulasan di bawah ini untuk selengkapnya.

PPKM Level 1: Ini Daftar Daerah di Jawa Bali

Berdasarkan Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021, berikut daftar daerah yang menerapkan PPKM level 1 di Jawa Bali:

  1. Jawa Barat: Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar
  2. Jawa Tengah: Kota Tegal, Kota Semarang
  3. Jawa Timur: Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Pasuruan

PPKM Level 1: Syarat Perjalanan Domestik

Aturan terbaru kegiatan masyarakat di masa PPKM ini salah satunya adalah syarat untuk syarat perjalanan domestik. Aturan tersebut tertuang dalam Inmendagri No 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 1-3 di Jawa dan Bali.

Berikut ini aturan untuk pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api):

  1. Menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama)
  2. Menunjukkan PCR (H-2) untuk pesawat udara, serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut
  3. Bagi sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya berlaku sebagai berikut:
    a) Bagi sopir yang sudah divaksin 2 (dua) kali dapat menggunakan antigen yang berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik
    b) Bagi sopir yang baru divaksin 1 kali, antigen akan berlaku selama 7 hari
    c) Bagi sopir yang belum divaksin, harus melakukan antigen yang berlaku selama 1x 24 jam

PPKM Level 1: Aturan Kegiatan Masyarakat yang Berubah

Berikut ini aturan terbaru lainnya tentang kegiatan masyarakat di masa PPKM berdasarkan Inmendagri No 53 tahun 2021.

  • Tempat bermain anak di mal atau pusat perbelanjaan iizinkan beroperasi di daerah yang menerapkan PPKM level 2. Selain itu, syaratnya harus mencatat nomor telepon serta alamat orang tua pada waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing.
  • Kapasitas Bioskop ditambah jadi 70%. Aturan ini berlaku untuk daerah PPKM level 2 dan 1. Anak-anak juga sudah dibolehkan masuk bioskop.
  • Anak-anak di bawah usia 12 tahun diizinkan untuk masuk ke tempat wisata. Aturan ini berlaku di daerah PPKM level 2 dengan tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan didampingi orang tua.
  • Uji coba tempat wisata di kabupaten/kota level 3 kembali ditambah atas izin dari Kemenparekraf. Untuk wisata air juga sudah dibuka di daerah yang melaksanakan PPKM level 2 dan 1.

Selain daftar daerah PPKM level 1, ada juga kebijakan baru pemerintah dalam evaluasi PPKM kali ini. Simak di halaman berikutnya.