Pemprov DKI Kaji Ganjil Genap Sepeda Motor di Tempat Wisata

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 12:08 WIB
Pintu Gerbang Ancol
Foto: Ancol
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan mengkaji pemberlakuan ganjil genap di tempat wisata untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tujuannya untuk mengurangi kemacetan, khususnya di objek wisata.

"Ini masih dipelajari ya (gage motor), semuanya. Kita terus mengevaluasi. Tentu dimaksudkan baik agar proses transportasi bisa (berjalan) baik," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

Riza mengatakan Jakarta kini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Selain mengurangi kemacetan, Riza meyakini pemberlakuan gage bagi sepeda motor dapat membatasi warga dalam beraktivitas.

"Mengurangi kemacetan, mengurangi membatasi orang keluar dari rumah dan untuk membatasi protokol kesehatan," ucapnya.

Merujuk pada Surat Keputusan (SK) Kadishub Nomor 438 Tahun 2021, saat ini terdapat tiga lokasi wisata yang menerapkan sistem ganjil genap. Penerapan gage berlaku mulai 22-24 Oktober 2021 dan 29-31 Oktober 2021.

Gage mulai diterapkan pada Jumat pukul 12.00 WIB hingga Minggu pukul 18.00 WIB. Berikut 3 lokasi wisata yang menerapkan ganjil genap:

- Pintu Masuk Timur & Barat Ancol Taman Impian
- Pintu Masuk 1 Taman Mini Indonesia Indah
- Pintu Masuk Utara & Barat Taman Margasatwa Ragunan

Lihat juga Video: Gage di Perbatasan Subang, Ratusan Kendaraan Putar Balik

[Gambas:Video 20detik]




(taa/idn)