Round-Up

Beda Risma dengan Pemprov Bali soal Rp 45O M Dana Bansos Belum Cair

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 21:46 WIB
Risma kaget masih ada warga Bali yang belum terima Bansos selama 5 bulan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Risma kaget masih ada warga Bali yang belum terima Bansos selama 5 bulan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Denpasar -

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini dan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra beda pendapat soal besaran nominal bantuan sosial (bansos) yang telah dikucurkan untuk warga Pulau Dewata. Hal ini bermula ketika mantan Wali Kota Surabaya itu mengevaluasi kegiatan penyaluran bansos bersama pada kepada dinas (kadis), pihak bank dan pendamping sosial di Courtyard by Marriot, Seminyak, Bali.

Risma mengungkapkan ada 75.000 keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum menerima bantuan sejak Juli hingga September. Risma melihat masih banyak warga di Tabanan, Badung, Denpasar, yang belum menerima bantuan.

"Satu orang dia manusia, coba bayangkan kalau kita yang merasakan, terutama cari yang lansia, Pak. Jangan samakan dengan kita dan bapak/ibu yang masih bisa makan. Mereka termasuk yang tidak tahu apakah hari ini bisa makan," tegas Risma, Selasa (19/10/2021).

"Tolong siapkan, ya, Pak sekarang," kata Risma kepada pihak bank.

Risma lalu meminta seluruh pendamping sosial berangkat menjemput warga yang belum menerima bantuan di tengah rapat. Risma bahkan menawarkan diri untuk menjemput sendiri warga-warga di sekitaran Denpasar yang belum menerima bantuan.

Aksinya berlanjut dengan menelepon Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana dan Bupati Karangasem, I Gede Dana agar disiapkan tempat untuk titik pembayaran KPM. Beberapa saat kemudian, para penerima bantuan tiba di lokasi rapat

"Jam berapa tadi lihat? Aku bisa datangkan segini banyak, Bapak berapa bulan tidak bisa, bulan-bulan koordinasi terus," kata Risma kepada pihak bank.

"Mohon maaf, Bu," timpal pihak bank.

"Ya Bu, Ibu dikira hilang sama bapak ini," kata Risma kepada salah seorang warga penerima bantuan.

"Mohon maaf Ibu, ya, Bu ya," kata pihak bank kepada salah seorang ibu penerima bantuan itu.

"Iya Bapak harus minta maaf memang," sahut Risma.

Simak pernyataan Risma soal warga 5 bulan tak dapat bantuan di halaman berikutnya.