Round-Up

8 Fakta Bupati Kuansing Terjerat OTT KPK

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 21:06 WIB
Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra diterbangkan ke Jakarta setelah menjalani pemeriksaan awal oleh penyidik KPK.
Bupati Kuantan Singingi, Andi Putra (Raja Adil Siregar/detikcom)
Jakarta -

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Andi Putra, diamankan KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT). Berikut fakta-fakta OTT orang nomor satu di Kuansing itu.

Penyidik KPK menggelar OTT pada Senin (18/10) sore. Selain Andi Putra, ada tujuh orang lainnya yang diamankan.

Berikut fakta-fakta penangkapan Bupati Kuansing dkk:

1. 8 Orang Diamankan Termasuk Bupati

KPK mengatakan total ada 8 orang yang diamankan karena OTT ini. Satu di antaranya Andi Putra.

"KPK mengamankan beberapa pihak, sejauh ini ada sekitar 8 orang. Di antaranya benar, Bupati Kuansing, ajudan dan beberapa pihak swasta," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (19/10).

Setelah diamankan, tim penyidik melakukan pemeriksaan. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang terkena OTT itu.

2. Diperiksa di Polda Riau

Setelah diamankan, 8 orang itu menjalani pemeriksaan di Polda Riau. Mereka diperiksa terkait dugaan korupsi.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto membenarkan Andi Putra diperiksa KPK di Mapolda Riau. Pemeriksaan dilakukan oleh tim penyidik KPK.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan KPK masih mengumpulkan bukti terkait perkara.

"Betul, KPK melaksanakan giat tangkap tangan di daerah Riau. KPK masih kerja, penyelidik dan penyidik masih di lapangan. Beri kami waktu untuk bekerja kumpulkan bukti-bukti dugaan tindak pidana korupsi," kata Firli saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (19/10).

Firli mengatakan tim penyelidik dan penyidik KPK masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak terkait. Firli masih belum bisa menginformasikan dugaan korupsi ini lebih lanjut.

3. Diduga Terkait Suap Izin Kebun

KPK menduga kasus yang menjerat 8 orang ini berkaitan dengan dugaan suap perizinan perkebunan. Diduga ada penerimaan hadiah atau suap dalam proyek itu.

"Informasi yang kami peroleh terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah terkait dengan perizinan perkebunan," kata Ali Fikri.

Ali belum membeberkan barang bukti yang diamankan dalam dugaan perkara korupsi ini. Ali mengatakan KPK akan terus menginformasikan perkembangan lebih lanjut nantinya.

Simak Video: KPK OTT Bupati Kuansing, Diduga Terkait Suap Izin Perkebunan

[Gambas:Video 20detik]