KPK Tetapkan Bupati Kuansing Tersangka Suap Izin Perkebunan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 20:16 WIB
Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Andi Putra (Raja Adil/detikcom)
Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Andi Putra (Raja Adil/detikcom)
Jakarta -

KPK menetapkan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra sebagai tersangka. Andi Putra ditetapkan sebagai tersangka suap terkait perizinan perkebunan sawit.

"Kita mengumumkan untuk dua orang tersangka, yang pertama AP, Bupati Kuantan Singingi untuk periode 2021-2026," kata Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar, di KPK, Jakarta Selatan, Selasa (19/10/2021).

Selain itu, 1 orang yang terjaring OTT bersama Andi Putra ditetapkan sebagai tersangka. Satu orang itu adalah SDR, yang merupakan General Manager PT AA.

"Kemudian SDR, swasta, adalah General Manager PT AA," lanjutnya.

Berikut daftar tersangka:

1. AP, Bupati Kuansing
2. SDR, GM PT AA

Lili mengatakan sudah ada kesepakatan antara AP dan SDR terkait persetujuan agar perkebunan milik PT AA dijadikan perkebunan kemitraan. AP diduga telah menerima uang sejumlah Rp 700 juta dari SDR.

"Diduga telah dilakukan pemberian pertama oleh SDR kepada AP uang sebesar Rp 500 juta. Lalu pada tanggal 18 Oktober 2021 SDR juga diduga kembali menyerahkan kesanggupan itu kepada AP menyerahkan uang sekitar Rp 200 juta," paparnya.

Sebelumnya, KPK menyebut ada 8 orang yang ditangkap dalam OTT kali ini. Ke-8 orang itu termasuk Bupati Kuansing Andi Putra.

"KPK mengamankan beberapa pihak, sejauh ini ada sekitar 8 orang. Di antaranya benar, Bupati Kuansing, ajudan dan beberapa pihak swasta," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (19/10).

Tonton juga Video: Usai Diperiksa di Polda Riau, Bupati Kuansing Dibawa ke KPK

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)