Jakarta PPKM Level Berapa Hari Ini? Cek Aturan Inmendagri Terbaru

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 18:24 WIB
Jakarta PPKM Level Berapa Hari Ini? Cek Aturan Inmendagri Terbaru
Jakarta PPKM Level Berapa Hari Ini? Cek Aturan Inmendagri Terbaru (A. Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Jakarta PPKM level berapa hari ini? Pertanyaan ini mulai dicari tahu setelah pemerintah mengumumkan evaluasi PPKM di Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali. Dalam evaluasinya, pemerintah sudah menjabarkan status PPKM daerah hingga mengeluarkan aturan terbaru.

Lantas, bagaimana dengan PPKM di Jakarta? Untuk mengetahui Jakarta PPKM level berapa hari ini, detikcom sudah merangkumnya dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 53/2021. Simak rangkumannya di bawah ini.

Jakarta PPKM Level berapa hari ini: PPKM Jakarta Turun Level

Pertanyaan Jakarta PPKM level berapa hari ini terjawab melalui Inmendagri 53/2021. Kalau semula PPKM Jakarta level 3, kini dalam Inmendagri terbaru status PPKM Jakarta turun ke level 2.

Artinya, ada perubahan status PPKM sejak DKI Jakarta memberlakukan PPKM darurat. Selaras dengan Jakarta PPKM level berapa, pemerintah juga melonggarkan sejumlah aturan terhadap aktivitas masyarakat. Apa saja aturan yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Jakarta PPKM Level Berapa Hari Ini: Level PPKM Jabodetabek

Selain DKI Jakarta, nyatanya ada wilayah lain yang menerapkan PPKM level 2. Berikut daftarnya:

  1. DKI Jakarta
  2. Kota Tangerang
  3. Kota Tangerang Selatan
  4. Kota Bogor
  5. Kota Bekasi
  6. Kota Depok

Jakarta PPKM Level Berapa Hari Ini: Jam Operasional Supermarket-Hypermart

Aturan pertama soal Jakarta PPKM level berapa hari ini terkait jam operasional supermarket. Dalam Inmendagri 53/2021 disebutkan, supermarket dan hypermart beroperasi hingga pukul 21.00 waktu setempat. Adapun kapasitas pengunjung maksimal 75%, serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai bentuk skrining.

Jakarta PPKM Level Berapa Hari Ini: Tempat Bermain Anak-Anak Mulai Dibuka

Aturan lain yang disesuaikan pemerintah yakni dibukanya tempat bermain anak-anak. Masih mengacu Inmendagri 53/2021, tempat bermain atau hiburan anak-anak yang berada di dalam mall sudah dibuka. Sejalan dengan aturan Jakarta PPKM level berapa hari ini, pengawasan orang tua kian dibutuhkan saat anak-anak masuk ke area bermain.

Di samping itu, orang tua juga harus mencatat alamat juga nomor telepon guna kebutuhan tracing. Dalam aturan Jakarta PPKM level berapa hari ini pula, anak di bawah 12 tahun juga diperkenankan masuk ke area mall. Hanya saja dalam penerapannya, mereka harus didampingi orang tua.

Baca selengkapnya soal Jakarta PPKM level berapa hari ini dapat dilihat di halaman selanjutnya.