Canda Siswa ke Jokowi: Kopi Apa yang Buat Bahagia? Kopinta Sepeda dari Bapak

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 18:18 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan sejumlah pelajar di berbagai daerah lewat video conference. Jokowi mendengar candaan hingga curhat soal pembelajaran daring dari para siswa.

Dialog dengan sejumlah siswa itu terjadi saat Jokowi meninjau vaksinasi untuk pelajar di Tarakan, seperti ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/10/2021). Jokowi ditemani oleh sejumlah duta besar negara bersahabat.

"Kita harapkan dengan vaksinasi ini para murid para pelajar dapat diberikan proteksi perlindungan yang maksimal dan kemudian nanti bisa beraktivitas lagi melakukan pembelajaran tatap muka dengan aman," ujar Jokowi.

Jokowi Dengarkan Curhat soal Belajar Daring

Setelah itu, Jokowi mendengar curhat dari para siswa. Salah satunya dari siswa di Gorontalo.

"Saya mau curhat, begini Pak, menurut saya pembelajaran daring kemarin itu kurang efektif, Pak. Kenapa? Nah sebabnya itu banyak teman-teman saya kurang memiliki fasilitas untuk pembelajaran daring tersebut," ujar siswa tersebut.

Pelajar itu kemudian bercerita tentang keluarga temannya yang hanya memiliki satu ponsel. Kini ponsel itu pun telah retak karena sering dipakai.

"Jujur, Pak, ada teman saya yang dalam satu keluarganya hanya memiliki satu handphone. Itu pun dipakainya secara bergantian. Bahkan katanya sekarang handphone-nya sudah retak, Pak, bukan karena jatuh, tapi karena terlalu sering ditekan, Pak," ujar pelajar tersebut.

Jokowi Berikan Sepeda ke Siswa Lampung

Jokowi juga mendengarkan pantun yang disampaikan oleh siswa dari Lampung bernama Soni. Dalam kesempatan itu, Soni juga merayu Jokowi agar diberi sepeda.

"Oh iya, Pak, Bapak tahu nggak kalau orang Lampung suka sekali lho sama yang namanya kopi. Ngomong-ngomong soal kopi, kopi apa yang bisa buat semua bahagia?" ujar Soni.

"Apa tuh," teriak riuh dari teman-teman Soni.

"Kopinta sepeda dari Pak Jokowi," kata Soni.

Jokowi kemudian menanyakan siswa yang meminta sepeda. Namun semua siswa ingin mendapatkan sepeda dari Jokowi.

"Siapa tadi yang minta sepeda," kata Jokowi.

"Semua dari Lampung," jawab salah seorang siswa.

"Jangan semua, masa semua minta, sepeda satu saja, tunjuk jari," ujar Jokowi.

Akhirnya Jokowi pun memberikan sepeda kepada Soni. Sepeda itu bakal dikirim secepatnya.

"Ya sudah Soni saya beri sepeda nanti kirim alamatnya segera besok saya kirim," ujar Jokowi disambut tepuk tangan siswa.

(knv/fjp)