Survei SMRC: Kepuasan Orang Minang atas Kinerja Jokowi Paling Rendah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 16:22 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Maruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Jokowi dan Ma'ruf Amin (Foto: dok. Antara Foto)
Jakarta -

Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menggelar survei nasional terkait kepuasan publik berdasarkan etnis terhadap kinerja Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Hasilnya, tingkat kepuasan etnis Minang terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf paling rendah dibanding etnis lainnya.

Peneliti SMRC, Sirojudin Abbas, awalnya memaparkan hasil survei tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf berdasarkan pilihan politik. Berdasarkan survei SMRC, tingkat kepuasan pemilih PPP dan PAN pada Pemilu 2019 paling rendah dibanding pemilih partai koalisi lainnya.

"Pemilih PDIP dan PKB cukup tinggi kepuasannya dibanding pemilih partai-partai yang lain, terutama kita mencatat kepuasan paling rendah itu kita temukan pada pemilih PKS, kemudian PAN, PPP, dan Gerindra," kata Sirojudin saat memaparkan hasil survei SMRC secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Berikut hasilnya:

PDIP: 89%
PKB: 76%
NasDem: 70%
Golkar: 69%
Demokrat: 60%
Gerindra: 59%
PPP: 57%
PAN: 57%
PKS: 39%
Lainnya: 75%
Tidak jawab/tidak tahu: 59%

Survei SMRC perihal 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ini digelar pada 15-21 September 2021. Populasi dalam survei ini berjumlah 1.220 responden yang dipilih secara acak atau metode multistage random sampling.

Dari 1.220 responden, yang dapat diwawancarai sebanyak 981 orang. Mereka diwawancarai lewat tatap muka, dengan kriteria sudah berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Margin of error survei SMRC kali ini sebesar +- 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca hasil survei berdasarkan etnis di halaman berikutnya.

Simak video 'SMRC Soroti 2 Tahun Jokowi-Amin: Kondisi Politik Cenderung Memburuk':

[Gambas:Video 20detik]