GAMKI Sulut Ungkap Ada Siswi SMA Dilecehkan Guru Tak Lapor karena Takut

Trisno Mais - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 16:11 WIB
Self defense, studio portrait of scared woman raising hands up in defense
Foto ilustrasi pelecehan seksual. (Getty Images/iStockphoto/triocean)
Manado -

Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan advokasi dan pendampingan hukum kepada belasan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulut, yang diduga menjadi korban pelecehan seksual oleh guru. Ternyata, ada korban yang tidak melapor karena takut mendapat nilai jelek.

"Pendampingan yang sudah dilakukan berupa pendampingan hukum pada siswi yang menjadi korban pada kasus tersebut. Kedatangan kami (pengurus) di Motoling guna memberikan advokasi kepada para korban dan memberikan penguatan pemulihan dari trauma yang korban rasakan dan saksi," kata Ketua GAMKI Sulut Yowanda Yonggara, Selasa (19/10/2021), kepada wartawan.

Yowanda mengatakan, selain pendampingan hukum, pihaknya memberikan pemahaman terhadap sejumlah siswi supaya berani membuat laporan, apalagi jika menjadi korban pelecehan seksual.

"Kita juga memberikan pengetahuan mengenai kekerasan seksual di sekolah. Sekaligus pada korban siswi-siswi supaya mereka tak takut dalam melapor kasus ini," terangnya.

Yowanda mengungkapkan alasan para korban takut melapor, salah satunya karena takut diberi nilai jelek oleh oknum guru itu. Apalagi, kata dia, guru itu satu-satunya yang mengajar mata pelajaran kimia.

"Adapun alasan para siswa awalnya takut melaporkan karena jangan sampai mereka nilai tidak lulus, apalagi oknum guru merupakan satu-satunya pengajar kimia. Selain itu, tersangka ternyata sering membantu para siswi untuk kuliah lewat beasiswa," ungkap dia.

Dia menambahkan ini membuktikan bagaimana relasi kuasa yang timpang antara guru dan murid sehingga secara kuat mempengaruhi psikologi dari korban pelecehan seksual.

"Bagaimana korban tidak berani melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya karena berada di posisi yang tidak setara dengan pelakunya," sebut Yowanda.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Tega Cabuli Siswanya Lebih dari Sekali, Guru SMA di Makassar Diciduk!':

[Gambas:Video 20detik]