Diguyur Hujan Deras, Ratusan Rumah di Bengkulu Terendam Banjir

Hery Supandi - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 12:39 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Ilustrasi Jalan Tertutup Akibat Banjir (Andhika/detikcom)
Bengkulu -

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Hal ini mengakibatkan ratusan rumah dan jalan terendam banjir.

Hujan diketahui terjadi sejak Senin (18/10/2021) sore hingga Selasa (19/10) subuh. Banjir terjadi di sebagian wilayah di Kabupaten Bengkulu Tengah diantaranya Kecamatan Talang Empat, Kecamatan Pondok Kelapa, dan Kecamatan Karang Tinggi. Selain pemukiman, banjir merendam jalan nasional hingga melumpuhkan lalu lintas setempat.

Banjir paling parah terjadi di wilayah Kecamatan Karang Tinggi. Air naik sekitar pukul 02.00 malam dan mulai menggenangi rumah-rumah warga.

Salah satu warga desa Taba Terunjam, Amsori, mengatakan air mulai naik Senin malam, saat ini ketinggian air mencapai 1,5 meter. Warga mulai mengevakuasi barang agar tidak terendam banjir dan mendirikan tenda sebagai tempat mengungsi di area yang lebih tinggi.

"Sejak kemarin hujan terus, lama-lama sungai meluap dan menggenangi rumah," kata Amsori saat dikonfirmasi, Selasa (19/10/2021).

Data sementara menunjukkan sebanyak 145 rumah warga di 5 desa, Kecamatan Karang Tinggi, terendam banjir. Sebanyak 3 titik ruas jalan nasional ikut terendam.

"Ada tiga kecamatan yang terdampak banjir akibat curah hujan tinggi, saya minta warga tetap waspada mengingat curah hujan masih tinggi," jelas Camat Karang Tinggi, Ferry Aprianto, saat dikonfirmasi.

Hingga saat ini, air masih menggenangi badan jalan, arus lalu lintas dilakukan sistem buka-tutup untuk mengurai kemacetan. Warga yang tinggal di lokasi banjir diminta tetap waspada mengingat hujan masih akan terjadi di hulu sungai.

(dwia/dwia)