Baru Dilantik, Pejabat di Bengkulu Ditangkap Gegara Tipu Warga Rp 145 Juta

Hery Supandi - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 14:33 WIB
Ilustrasi Penipuan
Foto ilustrasi penangkapan. (Mindra Purnomo/detikcom)
Bengkulu -

Seorang pejabat di Sekretariat DPRD Bengkulu ditangkap polisi. Pejabat berinisial HB itu ditangkap karena diduga menipu warga dengan modus janji menjadikan warga tersebut sebagai ASN.

Kasat Reskrim Polres Bengkulu, AKP Yusiady, mengatakan HB diduga menjanjikan sejumlah orang bisa masuk menjadi ASN dan mendapat jabatan di Pemprov Bengkulu. HB disebut baru dilantik sepekan yang lalu menjadi Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran di Sekretariat DPRD Provinsi Bengkulu.

"Pelaku menjanjikan para korban bisa masuk jadi ASN dan mendapat jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu," kata Yusiady saat dimintai konfirmasi, Jumat (15/10/2021).

Yusiady mengatakan ada tiga korban yang melapor dan mengalami jumlah kerugian yang berbeda-beda. Dia mengatakan salah satu korban, R, disebut mengalami kerugian hingga Rp 145 juta.

"Korban R dijanjikan jabatan oleh pelaku di lingkungan Pemda Provinsi," ujar Yusiady.

Yusiady mengatakan R didatangi HB dan dimintai sejumlah uang dengan janji mendapat jabatan di Pemprov Bengkulu. Dia mengatakan R berharap mendapat jabatan hingga memberikan uang kepada HB.

"Setelah batas waktu yang dijanjikan pelaku, korban tidak kunjung mendapatkan jabatan yang dijanjikan pelaku," ucap Yusiady.

Selain R, HB juga dilaporkan oleh warga lain, MM, pada Januari 2021. HB disebut menjanjikan dapat meloloskan korban untuk menjadi ASN.

Atas perbuatannya, HB ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat Pasal 378 KUHP.

(haf/haf)