Anies Ganti Nama Jalan Sungai Kendal Rorotan Jadi Jalan Sekda Saefullah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 11:39 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meletakkan batu pertama untuk pembangunan Masjid At-Tabayyun Jakbar. Anies dan jemaah kemudiaan melaksanakan salat Jumat.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti nama Jalan Sungai Kendal di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Anies mengganti nama jalan itu jadi Jalan Sekda Saefullah.

Hal itu tertuang dalam Kepgub Anies Nomor 1240 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama Jalan Sekda Saefullah Menggantikan Nama Jalan Sungai Kendal yang Berlokasi di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakut. Kepgub ini diteken Anies, Selasa (12/10) pekan lalu.

"Menetapkan nama Jalan Sekda Saefullah menggantikan nama Jalan Sungai Kendal yang berlokasi di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Kota Administrasi Jakarta Utara, dengan rincian sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dan keputusan gubernur ini," demikian isi kepgub Anies seperti dilihat, Selasa (19/10/2021).

Dalam kepgub Anies ini disebutkan batas Jalan Sekda Saefullah adalah dari tugu perbatasan Kelurahan Rorotan dan Marunda (batas sebelah barat) sampai perbatasan Kabupaten Bekasi (batas sebelah timur).

Sebelumnya, Anies sempat menjadikan nama Sekda Saefullah menjadi nama GOR di Rorotan. Bukan tanpa alasan GOR di Rorotan itu diberi nama Gelanggang Olahraga Sekda Saefullah. Anies menceritakan Rorotan merupakan tanah kelahiran almarhum Saefullah.

"Rorotan adalah tanah kelahiran putra Betawi ini 57 tahun silam. Sebagian besar hidupnya dihibahkan untuk membangun kampung dan kota kelahirannya. Dari menjadi ketua RW di Rorotan, menjadi guru, wali kota, hingga menjadi sekda, semua dijalaninya dengan sepenuh hati," kata Anies.

Anies ingin nama Saefullah terus dikenang. Sebab, jasa dan perjuangan Saefullah untuk Jakarta tak main-main.

"Izinkan nama almarhum Dr. H. Saefullah, M.Pd. terabadikan di gelanggang ini sebagai kenangan atas kontribusi panjangnya bagi kotanya yang ia banggakan dan bagi warganya yang ia cintai," ujar Anies.

(idn/tor)