Round-Up

Pro-Kontra Wacana Ataturk Jadi Nama di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 07:03 WIB
Izmir, Turkey - May 19 , 2019: Students are holding Turkish flags.  Celebrations of the 19 May 2019 Memoriam of Mustafa Kemal Ataturk, Youth and Sports Festival Izmir Konak Turkey. Republic Square.
Mustafa Kemal Ataturk, yang diusulkan Jadi Nama Jalan di DKI (Foto: Getty Images/CasPhotography)

Riza meminta semua pihak saling menghormati. Riza mengatakan surat usulan nama Atatruk sebagai nama jalan di Jakarta sudah masuk.

"Kebetulan nama yang diusulkan dari mereka ya Atarturk ya, kita saling menghormati menghargai antar negara. Memang ada beberapa pendapat dari kelompok masyarakat yang kita juga harus hormati, dan kita perhatikan pertimbangan," ucapnya.

Untuk diketahui, wacana penamaan itu diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Ankara, Muhammad Iqbal. Peresmian jalan itu mungkin dilakukan saat Presiden Turki mengunjungi Indonesia.

"Kami sudah meminta komitmen dari pemerintah DKI Jakarta untuk pemerintah memberikan nama jalan dengan founding father-nya Turki di Jakarta," kata Duta Besar Indonesia di Ankara, Muhammad Iqbal, dalam acara Ngopi Virtual, Jumat (15/10).

Iqbal mengaku sudah memberikan data terkait karakter hingga panjang jalan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Dalam hal ini, melalui wakil gubernur pada saat itu, sudah mengalokasikan salah satu jalan di daerah Menteng. Itu yang nantinya akan diberikan nama founding father Turki," kata Iqbal.

Erdogan disebut akan melawat ke Jakarta pada awal 2022. Pemprov DKI dan KBRI Ankara disebut masih menunggu kepastian nama yang akan digunakan sebagai jalan.


(eva/lir)