Kabupaten Bogor-Tangerang Di-kick dari Jabodetabek, PPKM DKI Turun ke Level 2

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 06:29 WIB
Jakarta -

DKI Jakarta dan beberapa daerah lainnya di Jabodetabek, kecuali Kabupaten Bogor dan Tangerang, resmi memberlakukan PPKM level 2 mulai hari ini. Jakarta dan sejumlah daerah lainnya itu bisa turun ke level 2 setelah Kabupaten Bogor dan Tangerang dikeluarkan dari metode penilaian PPKM Jabodetabek.

Penurunan level PPKM Jakarta dan beberapa daerah lainnya di Jabodetabek, kecuali Kabupaten Bogor dan Tangerang, itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, level 2 dan level 1 COVID-19 di Wilayah Jawa Bali, yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Senin (18/10/2021).

"DKI Jakarta untuk wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level 2 (dua) yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," demikian isi Inmendagri tersebut seperti dilihat detikcom, Selasa (19/10/2021).

PPKM level 2 juga diterapkan di daerah penyangga Jakarta yang ada di Banten. Daerah itu adalah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

"Level 2 (dua) yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan," lanjutnya.

PPKM level 2 juga berlaku di Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Sementara Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang serta beberapa daerah yang masuk Provinsi Banten masih harus menerapkan PPKM level 3.

"Level 3 (tiga) yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang," katanya.