Alasan Rita Percaya AKP Robin: Seperti Malaikat, Saya Kira KPK Berubah

Zunita Putri - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 17:14 WIB
Penyidik KPK memanggil mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari. Ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus pencucian uang dengan tersangka Khairudin.
Eks Bupati Kukar Rita Widyasari (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari menyebut mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin seperti malaikat penolong. Rita bahkan mengira KPK saat ini berbeda dari sebelumnya.

"Setelah Saudara tahu yang dikenalkan Azis Syamsuddin adalah penyidik KPK, apa yang ada di dalam benak Saudara saat itu?" tanya hakim ketua Djuyamto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Senin (18/10/2021).

"Malaikat datang. Pikiran saya ada orang nolong saya. Saya kan dalam posisi yang sangat buruk," timpal Rita Widyasari.

Rita menyebut Robin seperti malaikat mau membantunya. Dia juga menegaskan tidak pernah meminta Azis untuk dikenalkan ke Robin, tapi Azis sendiri yang datang membawa Robin.

"Ada yang mau bantu, saya pikir gitu (malaikat)," kata Rita.

Selain itu, hakim anggota Jaini Bashir kembali bertanya alasan Rita percaya kepada Robin. Padahal, Robin dari KPK lembaga yang menyeret Rita ke penjara.

"Apa sih yang jadi pemikiran Saudara ketika Azis memperkenalkan seorang penyidik KPK, sedangkan saksi kasusnya dijerat KPK. Gimana Saudara percaya orang yang sudah menangkap Saudara akan menolong Saudara?" tanya hakim Jaini.

Rita mengira KPK saat ini sudah berubah dan berbeda saat zaman dia ditangkap. Dia juga tetap berpikir Robin adalah malaikat penolongnya.

"Dalam pemikiran saya, ini sejujur-jujurnya, Yang Mulia, mungkin dalam pikiran saya KPK berubah, mungkin berbeda dengan KPK zaman dulu. Karena dalam pikiran saya tuh pada intinya bahwa apalagi yang kenalkan saya adalah teman saya, sahabat saya, mau percaya saya, sehingga dalam kehidupan saya ini (Robin) adalah malaikat yang datang," tutur Rita.

Dalam sidang ini, yang duduk sebagai terdakwa adalah AKP Robin dan Maskur Husain. Robin didakwa bersama Maskur Husain menerima suap yang totalnya Rp 11 miliar dan USD 36 ribu atau setara Rp 11,538 miliar berkaitan dengan penanganan perkara di KPK.

Mantan penyidik KPK itu diduga menerima suap dari sejumlah nama, termasuk dari Rita Widyasari. Rita sendiri saat ini berstatus sebagai terpidana di kasus korupsi yang ditangani KPK.

Simak video 'Saksi Ungkap 'Atasan' AKP Robin di Sidang, KPK Siap Telusuri':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)