Eks Bupati Kukar Akui Beri 'Uang Kemanusiaan' Rp 60,5 Juta ke AKP Robin

Zunita Putri - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 15:48 WIB
Rita Widyasari Jadi Saksi di Sidang AKP Robin
Eks Bupati Kukuar Rita Widyasari jadi saksi sidang kasus AKP Robin (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Satu per satu fakta tentang penerimaan uang mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju alias AKP Robin terungkap di persidangan. Salah satunya terkait penerimaan uang Rp 60,5 juta dari mantan Bupati Kutai Kartangara (Kukar), Rita Widyasari.

"Khusus Robin saya nggak pernah bayar (fee terkait PK) tapi nilai kemanusiaan, dia pernah bilang ibu-bapaknya COVID, terus saya bantu saya transfer, ada lagi saudaranya meninggal, terus ada perjalanan saya lupa pokoknya total Rp 60 juta. Beliau minta bantu, saya pernah jadi bupati kerjaan saya bantu orang itu biasa," kata Rita saat bersaksi di sidang Robin dan Maskur Husain di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (18/10/2021).

Rita mengatakan saat itu AKP Robin datang ke Lapas Tangerang dan meminta uang ke Rita. Rita menyebut pemberian uang ke Robin selalu diawali permintaan Robin.

Rita juga menjelaskan bahwa uang dikirim ke Robin melalui rekening atas nama Riefka Amalia. Adapun total uang yang diberikan Rita ke Robin Rp 60,5 juta, uang diberikan secara bertahap sesuai dengan permintaan Robin.

"Ya dia (Robin) minta langsung. Minta tolong ada saudara meninggal, (yang tentukan nominal) yang Rp 25 juta beliau minta sebut angka," ucap Rita.

Rita sendiri mengaku uang yang dikirimnya adalah uang dia sendiri hasil dari gaji dia. "Itu uang saya. Saya titip ke Adelia Safitri (keponakan Rita), saya titip, saya punya gaji, Pak," ujarnya.

Diketahui, dalam dakwaan AKP Robin dan Maskur Husain, Rita disebut memberikan aset atas permintaan Rp 10 miliar terkait pengurusan PK ke Robin dan Maskur. Rita juga memberikan uang ke Robin dengan jumlah keseluruhan Rp 60,5 juta.

Selain itu, Robin menerima SGD 200 ribu atau senilai Rp 2.137.300.000 (miliar) untuk mengurus perkara Rita Widyasari yang diambil AKP Robin bersama Agus Susanto dari rumah dinas Azis Syamsuddin.

Dalam sidang ini, yang duduk sebagai terdakwa adalah AKP Robin dan Maskur Husain. Robin didakwa bersama Maskur Husain menerima suap yang totalnya Rp 11 miliar dan USD 36 ribu atau setara Rp 11,538 miliar berkaitan dengan penanganan perkara di KPK.

Mantan penyidik KPK itu diduga menerima suap dari sejumlah nama, termasuk dari Rita Widyasari. Rita sendiri saat ini berstatus sebagai terpidana di kasus korupsi yang ditangani KPK.

(zap/fas)