6 Hari Menghilang, Gibran Pindah ke 'Dimensi Lain' Gunung Guntur

20detik - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 14:17 WIB
Gibran Pendaki Hilang di Gunung Guntur
Foto: 20detik
Jakarta -

Bulan September lalu, masyarakat dikejutkan oleh berita pendaki berumur 13 tahun yang hilang di Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat. Ini merupakan kejadian yang kedua kali setelah hal yang sama terjadi pada 2020.

Bocah bernama M Gibran Arrasyid (13) ini hilang secara misterius ketika sedang beristirahat di tenda. Teman-temannya yang ingin menuju puncak sudah membangunkan Gibran, namun tidak ada respons dari Gibran.

"Di tenda ada lima orang yang tidur. (Teman-teman) yang lain membangunkan yang sedang tidur. Tidak tahu kalau teman pada ngebangunin saya. Semua ke puncak, ada satu teman saya yang kembali ke pos 3. Katanya tidak ada di tenda Gibran," ujar Gibran dalam program Sudut Pandang.

Ajaibnya, ketika Gibran terbangun, ia sudah tidak berada di tenda, tapi sudah di Curug Cikoneng. Lokasi Curug Cikoneng ini cukup jauh dari tenda Gibran istirahat, posisinya di bawah pos 3.

Gibran, yang menyadari dirinya tersesat, telah melakukan berbagai cara untuk keluar dari 'dimensi lain' itu. Namun ada saja dorongan yang membuat Gibran balik lagi ke Curug Cikoneng tersebut.

"Pada hari Jumat sadarnya (kalau hilang). Jadi ada yang azan. Mau naik ke bukit tidak sampai-sampai, naiknya tetap di situ. Terus naik maksain, sudah di atas, seperti ada yang dorong ke sungai lagi," cerita Gibran.

Diketahui bahwa Gibran hilang selama enam hari. Namun Gibran hanya merasakan seperti beberapa jam saja. Ade Leji, kuncen Gunung Guntur, pun pernah mengalami hal serupa, merasakan berada di dimensi lain yang rasanya seperti satu hari.

"Lima hari itu kalau di alam gaib hanya satu hari. Saya pun pernah mengalaminya, satu hari rasanya. Sampai ke rumah, (rasanya) seperti satu hari," ujarnya.

Alam Surahman (44), ayah Gibran, mengetahui anaknya hilang ketika mendapat laporan dari pihak Gunung Guntur pada Minggu (19/9). Ia pun segera melapor ke Polsek Tarogong Kaler.

"Sampai ke sana berkomunikasi. Minta waktu 1x24 jam untuk pencarian Gibran. Apabila dalam waktu tersebut belum ditemukan, mereka akan segera berkoordinasi dengan tim SAR," ujar ayah Gibran.

Usaha pihak Polres Garut juga belum membuahkan hasil selama lima hari mencari Gibran. Semua lokasi sudah ditelusuri, bahkan ke Curug Cikoneng. Namun hasilnya nihil. Gibran belum ditemukan.

Gibran akhirnya ditemukan oleh Kuncen Ade Leji. Saat ditemukan, Gibran sedang dalam posisi di pinggir Curug Cikoneng.

Lihat juga Video: Kunjungi Rumah Siap Kerja, Sandiaga Dapat Wayang Mirip Dirinya

[Gambas:Video 20detik]



(gah/gah)