Bayar Parkir di Tepi Jalan Makassar Kini Nontunai, Warga Diwajibkan e-Money

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 09:07 WIB
PD Parkir Makassar memberikan alat untuk pembayaran non tunai (casless) kepada jukir di tepi jalan. (Hermawan/detikcom)
PD Parkir Makassar memberikan alat untuk pembayaran nontunai (casless) kepada jukir di tepi jalan. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Perumda Parkir Kota Makassar mulai memberlakukan sistem pembayaran cashless atau nontunai di wilayah tepi jalan umum. Warga diwajibkan membayar parkir menggunakan uang elektronik atau e-money.

Peluncuran dimulainya pembayaran parkir nontunai itu dilakukan di kawasan Jalan Boulevard, Panakkukang, Makassar, Minggu (17/10/2021). Juru parkir diberi sistem alat pembayaran parkir dengan nontunai.

"Kami Perumda Parkir Makassar menggalakkan sistem pembayaran parkir tepi jalan umum cashless atau pembayaran tanpa uang tunai. Kita bekerja sama dengan salah satu mitra sehingga jukir-jukir tepi jalan kita sekarang ini sudah menyediakan sistem pembayaran teknologi dengan cashless," kata Direktur Operasional PD Parkir Makassar Susuman Halim dalam keterangannya kepada wartawan.

Pria yang akrab disapa Sugali ini menambahkan sistem pembayaran parkir nontunai juga bertujuan untuk menghindari pungutan liar (pungli) terhadap warga yang parkir. Warga yang membayar parkir dengan menggunakan e-money terhindarkan dari oknum jukir liar.

"Jadi kami harapkan kepada para pengunjung agar kawasan Boulevard dan Pengayoman untuk memanfaatkan fasilitas parkir di tepi jalan dengan pembayaran cashless tersebut," tegasnya.

Selain itu, pembayaran parkir cashless dapat membantu para jukir yang berkebutuhan khusus.

"Sebagaimana kita tahu bahwa para jukir tersebut berasal dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah, ada yang tidak tahu membaca, malah ada yang tunawicara. Banyak jukir kami yang disabilitas, ada yang bisu, dan mereka merasa dengan adanya alih teknologi ini mereka merasa bagi hasil yang lebih baik dibanding pada saat dengan sistem manual atau cara-cara yang dahulu," jelasnya.

Nantinya, PD Parkir Makassar akan menerapkan sistem pembayaran nontunai di seluruh wilayah parkir di Kota Makassar. Sugali kembali mengingatkan warga untuk menyiapkan e-money untuk pembayaran parkir.

"Kami berharap pengunjung agar terbiasa dengan sistem pembayaran parkir non tunai ini di tepi jalan," pungkasnya.

(hmw/nvl)