Bolak-balik Masuk Penjara, Begal Sadis di Lampung Tewas Tertembak Polisi

Nahda Rizki Utami - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 02:12 WIB
Polisi tangkap dua begal sadis di Lampung
Polisi tangkap dua begal sadis di Lampung (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menangkap dua orang begal sadis yang melukai seorang ibu dan anak di Lampung Utara. Namun, proses penangkapan diwarnai perlawanan para pelaku, sehingga polisi terpaksa menembaknya.

Keduanya yakni K (31) dan FY (35). Keduanya ditangkap di Bukit Kemuning, Lampung Utara, Lampung, pada Sabtu (16/10) dini hari.

Dirkrimum Polda Lampung AKBP Reynold Hutagalung mengatakan Kedua residivis ini ditangkap oleh tim gabungan Tekab 308 Resmob Ditreskrimum Polda Lampung dan Polres Lampung Utara.

"Tekab 308 Resmob Ditreskrimum Polda Lampung selalu akan turun ke wilayah untuk memperkuat wilayah dalam penyelidikan dan penyidikan setiap perkara," ujar Reynold dalam keterangan tertulis, Sabt (16/10/2021).

1 Tewas Tertembak

Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail menjelaskan, kedua pelaku melakukan aksinya di Dusun Talang Kepayag, Desa Pengaringan Abung Barat,pada Selasa (12/10). Saat itu kedua pelaku merampas motor yang ditumpangi ibu dan anaknya.

Saat dilakukan penangkapan, kedua pelaku melakukan perlawanan dengan menggunakan sajam. Polisi kemudian melepaskan tembakan.

"Saat dilakukan penangkapan para pelaku melakukan perlawanan aktif menggunakan sajam, sehingga kita lakukan tindakan tegas terukur. Untuk pelaku K dirawat di RS Ryacudu Kotabumi dan untuk pelaku FY (35) meninggal dunia," kata Kurniawan.

Residivis

Kurniawan menjelaskan FY dan K merupakan residivis spesialis kasus pencurian dan kekerasan di beberapa TKP. Keduanya sudah 3 kali bolak-balik masuk penjara.

Kurniawan menghimbau kepada masyarakat yang melihat orang yang mencurigakan atau kejadian curas, curat atau curanmor segara lapor ke pihak kepolisian agar segera ditindak lanjuti.

"Dari hasil pengembangan Polres Lampung Utara sudah mengamankan 16 unit sepeda motor berbagai jenis. Untuk korban atau masyarakat yang kehilangan motornya bisa datang Kepolres Lampung Utara untuk mengecek sepeda motornya," jelas Kurniawan

(mei/mei)