Menkominfo: Disiplin Prokes Kunci Cegah Naiknya Level PPKM di Daerah

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 17:25 WIB
Menkominfo
Foto: Dok. Kemkominfo
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak lengah di tengah penurunan kasus COVID-19 di Tanah Air. Ia meminta agar protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan sebagai bagian dari partisipasi aktif dalam pengendalian pandemi sekaligus mencegah penularan COVID-19.

Menurut Johnny disiplin menjaga jarak menjadi tantangan yang cukup berat. Mengingat sebagian aktivitas masyarakat mulai dibuka dan dilonggarkan.

"Dalam menyikapi kondisi tersebut, disiplin prokes menjadi kunci utama dalam mencegah terjadinya kenaikan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di setiap daerah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Johnny sampai dengan saat ini Satgas COVID-19 terus mengontrol dan mengawasi pemberlakukan PPKM di berbagai daerah. Pemerintah juga terus mengevaluasi penerapan PPKM berlevel setiap pekan. Selain itu, dia mengatakan pihaknya turut memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak guna mencegah terjadi kenaikan kasus COVID-19.

"Seperti kepatuhan memakai masker di masyarakat hingga rutinitas mencuci tangan sesering mungkin," katanya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh masyarakat mematuhi aturan PPKM. Hal ini untuk membantu upaya pemerintah dalam mempertahankan kasus serendah mungkin dalam waktu yang lama dengan penurunan kasus secara konsisten. Oleh karena itu, pelonggaran aktivitas masyarakat harus dibarengi dengan pengendalian COVID-19 yang ketat

"Mari kita mulai dari diri kita sendiri, dan tegur orang yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, mari kita antar orang tua kita atau kerabat kita yang sudah lansia ataupun anak kita yang masih remaja untuk segera vaksinasi. Dengan protokol kesehatan yang baik, niscaya level asesmen PPKM juga akan membaik dan aktivitas masyarakat akan lebih lancar," tandasnya.

(akn/ega)